Sudah Diakui WHO, Satgas Minta RI Belajar Penanganan COVID-19 dari Thailand
Instagram/wikuadisasmito
Nasional

Selama 4 dekade terakhir, Thailand memfokuskan diri pada investasi infrastruktur kesehatan masyarakat di tingkat daerah hingga komunitas termasuk pelatihan tenaga kesehatan

WowKeren - Thailand menjadi salah satu negara di Asia Tenggara yang bisa dibilang berhasil menangani pandemi COVID-19. Bahkan hal ini pun sudah diakui oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Oleh sebab itu, juru Bicara Pemerintah Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito mengatakan jika Indonesia bisa belajar dari Thailand untuk menangani pandemi ini. Sebagai negara berpenduduk 70 juta orang, Thailand sejauh ini hanya mencatat sekitar 4 ribu kasus.

Sedangkan kasus kematian akibat pandemi ini tercatat 60 korban jiwa di sana. "Berbagai hal yang sudah dilakukan oleh Thailand serta negara lain dapat menjadi pelajaran bagi upaya penanganan COVID-19 di Indonesia," kata Wiku saat konferensi pers di Kantor Presiden, Jakarta.

Wiku kemudian berbicara mengenai kegiatan Thailand selama 40 tahun terakhir ini. Selama 4 dekade terakhir, negara tersebut memang memfokuskan diri pada investasi infrastruktur kesehatan masyarakat di tingkat daerah hingga komunitas. Salah satunya terkait pelatihan tenaga kesehatan.


Yang mana, kebijakan Thailand ini rupanya mampu meningkatkan kapasitas masyarakat di daerah melalui para kadernya. "Selanjutnya para kader kesehatan ini ditugaskan ke area pedesaan atau daerah tertinggal," jelas Wiku menambahkan.

Perlu diketahui jika pelayanan kesehatan di negara tersebut mampu mencapai universal health coverage pada 2002. Hal ini tak lepas dari upaya pemerintah setempat yang terus meningkatkan aksesibilitas skema target asuransi untuk berbagai kelompok. Yang mana, langkah ini telah dilakukan sejak 1975.

Diketahui, Thailand mencatat kasus pertama COVID-19 pada 13 Januari 2020. Sebagai langkah antisipasi penyebaran wabah, Thailand telah mengaktivasi program kedaruratan yang melibatkan respons seluruh lapisan masyarakat.

Wiku mengatakan subjek yang paling berperan dalam merespons corona adalah kader desa. "Bersatunya elemen masyarakat melawan COVID-19 tanpa terbelah merupakan kunci kemenangan dalam menghadapi pandemi," ujarnya.

Pemerintah Thailand mampu memobilisasi masyarakat untuk melakukan tindakan pencegahan, deteksi atau tracing, dan treatment. Hal ini tak lepas dari manajemen kesehatan masyarakat yang baik dan sistem kesehatan yang mampu beradaptasi dengan kebutuhan.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait