Anies Baswedan Diperiksa Hampir 10 Jam Soal Kerumunan Acara HRS, Polisi Ungkap Alasannya
Instagram/aniesbaswedan
Nasional

Selain Anies, ada sejumlah pejabat DKI lain yang juga ikut dimintai klarifikasi terkait kerumunan acara Habib Rizieq tersebut. Di antaranya adalah Wali Kota Jakarta Pusat dan Kepala Biro Hukum DKI Jakarta.

WowKeren - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjadi salah satu pihak yang dipanggil kepolisian usai geger kerumunan hajatan Habib Rizieq Syihab. Pemeriksaan terhadap Anies digelar di Gedung Ditreskrimum Polda Metro Jaya pada Selasa (17/11) selama 9,5 jam.

Menurut Anies, dirinya dicecar 33 pertanyaan selama pemeriksaan tersebut. Direktur Reskrimum Polda Metro Jaya Kombes Tubagus Ade Hidayat lantas menjelaskan alasan Anies dimintai klarifikasi oleh pihak kepolisian.

Tubagus menjelaskan bahwa pemeriksaan Anies bertujuan menggali keterangan terkait kerumunan acara Habib Rizieq di tengah penerapan PSBB Transisi di Jakarta. "Kepada siapa klarifikasi itu dilakukan? Satu, kepada pemerintah daerah. Untuk apa menjawab pertanyaan yang tadi? Untuk bisa menjelaskan status DKI saat ini," ungkap Tubagus pada Selasa (17/11).

Lebih lanjut, Tubagus menyatakan bahwa Jakarta hingga kini masih menerapkan PSBB Transisi. Selama penerapan PSBB Transisi tersebut, tutur Tubagus, ada sejumlah aturan yang tak boleh dilanggar. Salah satunya soal kerumunan yang justru timbul di acara Habib Rizieq pekan lalu.


"Untuk meyakinkan bahwa betul Jakarta dalam status seperti apa, dan apa dasarnya," tutur Tubagus. "Dengan dasar itu maka ada ketentuan yang berlaku, ketentuannya seperti apa diuraikan."

Selain Anies, ada sejumlah pejabat DKI lain yang juga ikut dimintai klarifikasi terkait kerumunan acara Habib Rizieq tersebut. Di antaranya adalah Wali Kota Jakarta Pusat, Kepala Biro Hukum DKI Jakarta, Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Tanah Abang, Camat Tanah Abang, Ketua RT, Ketua RW, Kepala Satpol PP serta Bhabinkamtibmas.

Setelah mendapat pernyataan dari pihak Pemprov DKI, Tubagus menjelaskan bahwa giliran panitia penyelenggara acara yang dimintai klarifikasi. Adapun pemeriksaan terhadap panitia putri Habib Rizieq dijadwalkan digelar pada Rabu (18/11) hari ini. "Kita akan klarifikasi kepada elemen lain yaitu penyelenggara," pungkas Tubagus.

Sebelumnya, Anies menegaskan bahwa ia menyampaikan semua yang diketahui sesuai fakta di lapangan. "Alhamdulillah saya tadi telah selesai memenuhi undangan untuk memberikan klarifikasi dan prosesnya berjalan baik," kata Anies.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru