Dompet Tipis Bukan Halangan, Ini 7 Tips Hemat Makan Enak di Tanggal Tua
Unsplash/Sasha India
Kuliner

Di tanggal tua biasanya kondisi keuangan cukup memprihatinkan. Kendati demikian, ini bukan alasan untuk tidak bisa makan enak, sebab ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mengakalinya. Penasaran bagaimana caranya?

WowKeren - Di tanggal tua seperti saat ini, kondisi keuangan biasanya sudah mulai menipis. Untuk menghemat pengeluaran, orang-orang biasanya akan mengkonsumsi mi instan, makan makanan dengan harga yang murah dan menekan pengeluaran sedemikian rupa.

Namun terkadang, keinginan untuk makan enak di tanggal tua cukup menggebu dan sulit ditahan. Apalagi jika kita menyaksikan postingan teman di media sosial yang sedang pamer makan di restoran atau kafe kekinian. Akibatnya, kita hanya akan gigit jari dan menikmati apa yang ada.

Meski isi dompet semakin menipis, bukan berarti kamu enggak bisa makan enak. Sebab ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menikmati santapan lezat di tanggal tua. Penasaran bagaimana saja caranya? Simak informasi lengkapnya dalam artikel berikut ini.

(wk/eval)

1. Masak Sendiri


Masak Sendiri
Unsplash/Jason Briscoe

Tips pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan memasak sendiri di kos atau rumah. Bangun pagi-pagi sekali kemudian pergi belanja bahan-bahan mentah di pasar. Bila perlu, belilah bahan makanan untuk 3-5 hari kedepan untuk meminimalisir aktivitas belanja dan pertemuan dengan banyak orang.

Agar lebih hemat, sebaiknya masak menu dengan jumlah sedikit lebih banyak dan bisa dipanaskan kembali. Contohnya seperti rawon, sup ayam, olahan ayam dan beberapa jenis masakan yang tidak mudah basi. Dengan menerapkan cara ini, kamu bisa lebih hemat, mendapatkan makanan yang lebih higienis dan tentunya dapat makan enak di tanggal tua!

2. Beli Makan di Pinggir Jalan


Beli Makan di Pinggir Jalan
Rawpixel /Jakub Kapusnak

Makanan yang dijual di kaki lima biasanya tak kalah enak dengan makanan yang ada di restoran mahal. Selain itu, harganya pun seringkali jauh lebih murah jika dibandingkan dengan restoran. Karena itulah, membeli makanan kaki lima bisa jadi solusi makan enak di tanggal tua yang wajib kamu coba.

Cari informasi tentang penjual kaki lima yang terkenal menjual makanan lezat dengan harga murah di sekitar tempat tinggalmu. Jangan malu atau sungkan untuk bertanya, karena cara ini memungkinkanmu untuk mendapatkan makanan enak dengan porsi banyak namun tak menguras kantong.

3. Berburu Promo dan Cashback


Berburu Promo dan Cashback

Di era digital seperti saat ini, memegang ponsel untuk mengakses media sosial sudah menjadi rutinitas sehari-hari. Daripada sekedar untuk berselancar di dunia maya, sebaiknya manfaatkan ponsel kamu untuk mencari promo dan diskon di restoran dan kafe terdekat. Cari hastag yang spesifik dan kunjungi profil restoran tertentu untuk berburu promo.

Agar lebih hemat, sebaiknya manfaatkan fitur cashback saat makan di restoran atau kafe tersebut. Dengan begitu, sebagian uangmu akan langsung kembali dan kamu tetap bisa makan enak meski kantong lagi tipis-tipisnya!

4. Datangi Restoran yang Baru Buka


Datangi Restoran yang Baru Buka
Rawpixel/sasi

Saat keinginan makan enak menggebu namun isi dompet tidak mendukung, cobalah untuk mendatangi restoran atau kedai yang baru buka. Sebab mereka biasanya akan memberikan berbagai harga spesial dan promo menarik untuk pelanggan yang datang. Seperti potongan harga hingga 50 persen maupun promo menarik beli 1 gratis 1.

Tak hanya itu, restoran yang baru buka biasanya juga mengadakan sesi food tasting atau memberi makanan gratis. Jangan malu atau ragu untuk mengikuti sesi ini dan usahakan untuk datang seawal mungkin agar kalian tidak kehabisan kuota!

5. Beli Menu Paket


Beli Menu Paket
Unsplash/Erik Mclean

Tips berikutnya yang bisa kamu terapkan adalah membeli menu paket yang harganya jauh lebih murah. Setiap restoran pasti memiliki menu paket yang mencakup makanan utama, minuman dan makanan penutup. Dengan begitu, kamu bisa menikmati hidangan yang lengkap, lezat dan hemat.

Bila harga yang ditawarkan masih memberatkan, sebaiknya ajak temanmu untuk patungan. Jadi kamu bisa menghabiskan waktu menyenangkan dengan teman sekaligus makan enak dengan harga murah. Seru banget kan?

6. Makan di Resepsi dan Hajatan


Makan di Resepsi dan Hajatan
Unsplash/Asiya Kiev

Mendatangi pesta pernikahan maupun hajatan juga bisa dijadikan solusi menarik untuk makan enak di tanggal tua. Pasalnya, penyelenggara acara biasanya akan menyajikan berbagai makanan lezat untuk para tamu undangan. Selain itu, kamu juga bisa mendatangi acara ulang tahun teman atau saudara yang biasanya juga akan memberikan traktiran enak. Tapi dua cara ini biasanya akan mengharuskanmu untuk memberikan amplop atau hadiah untuk si empunya acara.

Jika ingin benar-benar makan gratis, coba deh main ke rumah teman yang enggak ngekos. Biasanya orangtua mereka akan memberikan makanan dan camilan secara cuma-cuma. Dengan menerapkan cara ini kamu bisa bersenang-senang dengan teman sekaligus menikmati santapan lezat tanpa harus keluar biaya!

7. Manfaatkan Fitur PayLater


Manfaatkan Fitur PayLater

Tips terakhir yang WowKeren rekomendasikan adalah dengan memanfaatkan fitur PayLater atau beli sekarang bayar nanti. Dengan kata lain, fitur ini memungkinkanmu untuk membeli makanan enak dengan cara berutang dan membayarnya kembali saat gajian. Untuk menikmatinya, layanan ini bisa kamu akses di aplikasi Go-Jek pada fitur PayLater di bagian Go-Food.

Demikian tujuh tips makan enak di tanggal tua yang telah tim WowKeren rangkum. Simak juga artikel ini untuk mengetahui tips memasak kepiting agar terasa lezat dan tidak berbau amis. Selain itu, kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui berbagai kesalahan paling umum yang dilakukan ketika memasak.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel