Persiapan Sekolah Tatap Muka, Ribuan Siswa SMP Surabaya Jalani Tes Swab
Getty Images/Barcroft Media
Nasional
Sekolah di Tengah Corona

Namun masih belum bisa dipastikan kapan sekolah tatap muka ini akan digelar pastinya. Hal ini mengingat perkembangan kasus positif corona di Surabaya masih fluktuatif.

WowKeren - Sebanyak 5.000 siswa kelas 3 SMP di Kota Surabaya tengah menjalani tes swab mulai hari ini, Rabu (25/11). Adapun langkah ini merupakan bagian dari persiapan sekolah tatap muka untuk tingkat SMP pada awal bulan Desember 2020 mendatang.

Ribuan siswa tersebut berasal dari 17 sekolah SMP, tak hanya negeri namun juga swasta. Kepala Sekolah (Kepsek) SMPN 1 Surabaya, Suharto mengatakan jika para murid sangat antusias menyambut pembukaan kembali sekolah tatap muka.

"Bagi para siswa, rencana sekolah tatap muka untuk siswa SMP ini disambut cukup antusias," kata dia hari ini. "Karena selama 8 bulan ini mereka tidak dapat belajar secara maksimal melalui kegiatan sekolah daring dari rumah."


Sementara itu, Kabag Humas Pemkot Surabaya Febriadhitya Prajatara mengatakan jika langkah ini sudah sesuai dengan rencana awal. "Ini sudah sesuai rencana awal, setelah simulasi protokol kesehatan, tes swab guru, sekarang tes swab siswa," ujarnya dilansir Suara Surabaya, Rabu (25/11).

Kendati demikian, masih belum bisa dipastikan kapan sekolah tatap muka ini akan digelar pastinya. Hal ini mengingat perkembangan kasus positif corona di Surabaya masih bersifat fluktuatif. Sehingga rencana pembukaan sekolah tatap muka akan terus dikaji.

"Kasus COVID-19 di Surabaya sudah melandai tapi itu fluktuatif," ujar Febri melanjutkan. "Kami terus berupaya menanggulangi pandemi ini. Terkait sekolah tatap muka terus dikaji."

Dalam keputusan SKB Empat Menteri, pembukaan sekolah tatap muka memang diserahkan pada Pemda masing-masing, kendati demikian, Pemkot Surabaya tidak akan gegabah. "Kami harus mematangkan kajian dan kondisi COVID-19 di Surabaya. Kemarin Ibu Wali Kota membuat SE agar guru dulu yang mulai masuk sekolah," tambahnya.

(wk/zodi)

You can share this post!

Related Posts