Habib Rizieq Mangkir Dari Pemeriksaan, Polisi Siapkan Pemanggilan Kedua
Nasional

Imam Besar FPI Habib Rizieq Shihab mangkir dari panggilan Polda Metro Jaya Selasa (1/12) kemarin. Pihak kepolisian bakal melayangkan surat pemanggilan kedua atas ketidakhadiran Rizieq dalam pemeriksaan tersebut.

WowKeren - Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab dipanggil penyidik Ditreskrimum Polda Metro Jaya Selasa (1/12) kemarin. Namun, Rizieq diketahui mangkir dari panggilan tersebut.

Namun, tim pengacara FPI beralasan kliennya tidak bisa menghadiri pemeriksaan lantaran masih dalam masa pemulihan setelah dirawat di rumah sakit. "Dengan alasan sedang masih beristirahat terkait bahwa beliau Sabtu, 28 November lalu baru saja keluar dari Rumah Sakit Ummi Bogor setelah beristirahat di sana, masih pemulihan," kata salah satu anggota tim pengacara FPI, Aziz Yanuar di Polda Metro Jaya, Selasa (1/12).

Aziz mengklaim penyidik Ditreskrimum Polda Metro Jaya menerima alasan ketidakhadiran pentolan FPI itu. Bahkan, penyidik juga memahami bahwa Rizieq baru saja pulang usai dirawat di rumah sakit.

"Alhamdulillah penyidik menerima penjelasan dari kami, pihak Habib Rizieq Shihab sangat apresiasi, mengerti akan kemanusiaan, kesehatan terkait pemulihan kondisi Habib Rizieq Shihab," tuturnya.


Tak hanya Rizieq, bahkan menantunya pun juga turut mangkir dari panggilan penyidik kemarin dengan alasan mengikuti kegiatan yang tak bisa ditinggalkan. "Habib Hanif sudah ada jadwal ketika dipanggil itu. Harusnya surat panggilan itu berdasarkan KUHP H-3 setidaknya tapi ini H-2 dipanggil hari Minggu untuk hari ini," ujar pengacara Hanif, M Kamil.

Merespon hal ini, Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus menuturkan pihaknya bakal melayangkan surat pemanggilan kedua atas ketidakhadiran Rizieq dalam pemeriksaan tersebut. Pemanggilan kedua juga akan dilayangkan kepada menantu Rizieq.

"Kalau tidak ada (tidak hadir), malam ini kami layangkan lagi surat panggilan kedua terhadap MRS dan MHA," kata Yusri. Rencananya, pemeriksaan bakal dilakukan pada Kamis (3/12) mendatang. Kepolisian berharap agar Rizieq dapat hadir memenuhi panggilan pemeriksaan.

Sebelumnya, polisi telah meminta agar Rizieq tak membawa massanya apabila datang ke pemeriksaan yang digelar Polda Metro Jaya atas kerumunan massa dalam acara pernikahan putrinya di Petamburan, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu. "Datang ke sini yang baik-baik saja, enggak usah bawa simpatisan, ngapain kayak mau ini aja," tuturnya.

(wk/nidy)

You can share this post!

Related Posts