Pemerintah Diminta Tak Anggap Enteng Deklarasi Papua Merdeka Benny Wenda
Nasional

Anggota Komisi I DPR RI Sukamta menilai pemerintah harus segara menangani permasalahan yang berlarut-larut di Papua. Langkah ini harus dilakukan dengan pendekatan komprehensif

WowKeren - Ketua Gerakan Persatuan Pembebasan Papua Barat atau The United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) Benny Wenda telah mendeklarasikan kemerdekaan Papua. Hal itu dilakukannya kemarin, Selasa (1/12).

Bukan hanya itu, Benny juga menyatakan diri sebagai presiden sementara dalam pemerintahan sementara itu. Terkait hal ini, DPR meminta agar pemerintahan Presiden Joko Widodo tidak menganggap remeh.

Anggota Komisi I DPR RI Sukamta menilai pemerintah harus segara menangani permasalahan yang berlarut-larut di Papua. Yang mana, langkah ini harus dilakukan dengan pendekatan yang komprehensif.

Pemerintah dinilai perlu segera mengambil sikap jika tidak ingin Papua bernasib sama seperti Timor Timur. terlebih lagi konflik masih terus berlanjut di Papua.


"Jangan anggap remeh perkembangan ini, kita tidak ingin Papua berakhir seperti Timor Timur," kata Sukamta melalui keterangan tertulis, Rabu (2/12). "Masih terus terjadi penembakan dan serangan kepada aparat dan masyarakat sipil, menunjukkan situasi di Papua belum stabil."

Lebih jauh, ia meminta agar pemerintah melakukan evaluasi terhadap langkah-langkah yang sudah dilakukan selama ini. "Penanganan terhadap masalah Papua yang selama ini dilakukan harus dikoreksi secara sistematis baik di tingkat pemerintah pusat ataupun di daerah," lanjutnya.

Menurutnya, ada empat akar permasalahan yang ada di Papua saat ini, berdasarkan hasil penelitian Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Yang pertama adalah diskriminasi dan rasialisme.

Selain itu, pembangunan yang dilakukan di Papua selama ini dinilai belum mampu menyejahterakan rakyat di sana. "Pembangunan di Papua yang belum mengangkat kesejahteraan, pelanggaran HAM serta soal status dan sejarah politik Papua," lanjut politikus PKS itu.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait