Agen Travel Terseok-seok Bertahan di Tengah Pandemi, Jual Paket Tur Seharga Rp 40 Ribu
Nasional

Untuk layanan ini, agen perjalanan akan menggandeng pemandu wisata dari negara yang bersangkutan. Destinasi yang ditawarkan juga akan berubah setiap minggunya.

WowKeren - Sektor pariwisata masih berupaya untuk memulihkan diri usai terpukul pandemi COVID-19. Untuk bisa bertahan di tengah situasi yang belum pasti kapan akan berakhir ini, industri agen travel membuka bisnis baru.

Salah satunya adalah menyediakan layanan virtual tour atau tur secara online. Harga tiket yang dibanderol sangat murah, bahkan jauh lebih murah dibanding biaya akomodasi yang harus dikeluarkan ketika melakukan perjalanan asli.

Tur virtual ini memungkinkan peserta untuk menikmati indahnya destinasi wisata di masing-masing negara. Sekjen Asosiasi Travel Agent Indonesia (Astindo) Pauline Suharno menjelaskan jika pihaknya benar-benar membutuhkan pemasukan.

"Sampai ada virtual tour, misalnya di Bosnia-Herzegovina ada virtual turnya dijual teman-teman. Itu nggak mahal, Rp 40-50 ribu tapi jadi pemasukan tambahan lah," kata dia dilansir CNBC Indonesia, Rabu (2/12). "Karena kita benar-benar perlu every single cent untuk membayar pajak segala macam."


Untuk layanan ini, agen perjalanan akan menggandeng pemandu wisata dari negara yang bersangkutan. Ia menjelaskan jika destinasi yang ditawarkan akan berubah setiap minggunya. Ia menyebut jika negara yang dijadikan sebagai destinasi tur virtual ini adalah yang belum membuka pintu bagi turis mancanegara.

"Setiap minggu beda-beda jadwalnya, ada Korea, Inggris, juga ada Turki. Tapi belakangan Turki sudah nggak karena udah terbuka," ujarnya menambahkan." Kebanyakan negara yang belum buka turis dilakukan virtual tour. Atau mereka kenalkan rute-rute baru yang selama ini belum populer untuk market Indonesia."

Tur virtual ini diharapkan bisa menjadi referensi bagi masyarakat yang akan melakukan perjalanan liburan nantinya. Yang membuatnya menarik adalah lokasi tur virtual ini bukan lokasi mainstream yang sudah banyak dikunjungi orang.

"Mereka nggak masuk YouTube karena mengharapkan orang bayar. Satu orang Rp 50 ribu termasuk di Indonesia teman-teman di Jakarta cukup kreatif," tambahnya. "Mereka jual virtual tour kaya walking tour di kota tua, walking tour culinary Jakarta itu murah Rp 20-30 ribu."

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait