Satgas COVID-19 Harap Masyarakat Tetap Nyoblos Pilkada Meski Ada Pandemi
Nasional

Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito memastikan bahwa pemerintah dan lembaga terkait telah menyiapkan antisipasi penularan COVID-19 dalam penyelenggaraan Pilkada.

WowKeren - Pemungutan suara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak akan digelar pekan depan, tepatnya pada 9 Desember 2020 mendatang. Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito lantas berharap masyarakat tetap menggunakan hak pilihnya meski pandemi corona kini masih belum berakhir.

Wiku memastikan bahwa pemerintah dan lembaga terkait telah menyiapkan antisipasi penularan COVID-19 dalam penyelenggaraan Pilkada. Selain itu, Wiku juga menyebut bahwa sosok kepala daerah memiliki peran yang sangat penting dalam memimpin wilayahnya melawan pandemi.

"Masyarakat pemilih harus menyadari pentingnya peran kepala daerah untuk membawa masing- masing daerah bangkit dari COVID," jelas Wiku dalam konferensi pers pada Kamis (3/12). "Saya benar-benar berharap masyarakat dapat menggunakan hak pilihnya untuk memilih pemimpin yang bertanggung jawab."


Lebih lanjut, Wiku menjelaskan bahwa Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah merumuskan turan protokol kesehatan yang wajib dijalankan oleh penyelenggara pemilu. Di antaranya adalah melakukan testing terhadap petugas Tempat Pemungutan Suara (TPS), menyediakan sarana kesehatan seperti tempat cuci tangan dan hand sanitizer di TPS, serta menggunakan masker dan menerapkan jaga jarak.

"Periksa suhu pemilih sebelum masuk ke TPS untuk memastikan pemilih dalam keadaan sehat dan melakukan simulasi dengan pengawasan dari Satgas COVID-19," kata Wiku. Selain itu, Wiku juga menyampaikan bahwa berdasarkan penelitian, risiko penularan di TPS dapat menurun jika dilakukan penegakan disiplin protokol kesehatan 3M, mengatur sirkulasi udara, dan juga disinfektan secara rutin.

Sementara itu, Indonesia baru saja mencatat rekor tambahan 8.369 kasus positif COVID-19 dalam sehari pada Kamis (3/12) kemarin. Oleh sebab itu, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) meminta Satgas Penanganan COVID-19 untuk menyiagakan petugas medis saat hari pemungutan suara Pilkada Serentak 2020.

Menurut anggota Bawaslu, Fritz Edward Siregar mengatakan penerapan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 pada Pilkada bukan hanya tugas Bawaslu, melainkan juga perlu bantuan Satgas Penanganan COVID-19. "Satgas Covid juga memantau TPS, kemudian bantuan kesehatan kalau bisa stand by di TPS, juga di berbagai titik-titik orang kumpul," katanya dilansir CNN Indonesia, Jumat (4/12).

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait