Ternyata Segini Harga Bumi Kalau Dijual, Dijamin Bikin Auto Kaya!
Pikist
SerbaSerbi

Greg Laughlin, seorang ilmuwan asal AS, menemukan formula untuk menghitung nilai Bumi jika dijual. Ia mempertimbangkan dari berbagai indikator termasuk kemampuan mendukung kehidupan.

WowKeren - Beberapa waktu lalu Indonesia dibuat geger dengan sebuah meteor yang jatuh di Sumatera Utara dan diklaim dijual sampai miliaran rupiah. Meski sampai saat ini beritanya masih simpang siur, namun iming-iming jika benda langit sampai berharga sedemikian tinggi pastinya sangat menarik, bukan?

Lantas pernahkah terpikirkan berapa harga dari benda langit sebesar dan sebermanfaat Bumi? Baru-baru ini ilmuwan berhasil menemukan formula untuk menghitung berapa harga Bumi jika dijual.

Dilaporkan Treehugger, seorang asisten profesor dari University of California Santa Cruz, Greg Laughlin lah yang berhasil mengembangkan formula harga Bumi jika dijual. Ia mempertimbangkan sejumlah parameter yang menilai kualitas planet Bumi dan hasilnya ternyata tak main-main.

Secara garis besar, Laughlin melihat dari massa planet, suhu, usia, dan faktor lain yang secara langsung berkorelasi dengan kemampuannya untuk mempertahankan kehidupan. Dan dengan demikian, nilai Bumi bila dijual bisa mencapai USD 5 kuadriliun, yang jika dikonversikan ke mata uang Indonesia mencapai Rp 70 kuadriliun 686 triliun 281 miliar!


Terkait penjelasan lebih rincinya, semakin tua bintangnya, semakin tinggi nilainya karena ia memiliki kesempatan untuk menjadi dewasa. Kemudian, massa diperhitungkan apabila ukurannya mirip dengan Bumi, ia dianggap sebagai ukuran yang baik untuk mendukung kehidupan.

Laughlin juga membandingkan harga Bumi dengan planet lain di tata surya. Meski tak semahal Bumi, nyatanya harga benda-benda langit itu juga bisa membuat kita auto kaya.

Mars, menurut formula yang dikembangkan Laughlin, hampir sama dengan mobil bekas seharga USD 16 ribu. Jumlah itu sama bila dibandingkan dengan Venus yang menurutnya hanya berbeda 1 sen dengan Mars.

Kendati demikian, Laughlin menegaskan temuannya ini jangan sampai menjadi perdebatan di dunia nyata. Justru ia mendorong agar formulasi harga yang luar biasa besar atas Bumi menjadi inspirasi bagi manusia untuk lebih menghargai dan menjaga satu-satunya rumah yang dimiliki. Sebab diketahui sampai saat ini belum ada planet lain yang memiliki daya dukung kehidupan sebaik Bumi.

"Formula ini membuat Anda menyadari betapa berharganya Bumi," pungkas Laughlin. "Dan saya berharap ini akan membantu kita sebagai masyarakat untuk menjaga apa yang kita miliki."

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel