Survei Pilkada Solo: Gibran-Teguh Unggul Telak Dengan 67,8 Persen Suara, BaJo Cuma Dapat 4 Persen
kota-surakarta.kpu.go.id
Nasional

Dalam survei yang digelar lembaga Indo Barometer tersebut, paslon Gibran Rakabuming dan Teguh Prakosa berpeluang memenangi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Solo 2020.

WowKeren - Menjelang Pemilihan Wali Kota Solo, lembaga survei Indo Barometer merilis hasil survei bertajuk "Potret Nasib Dinasti Politik di Pilkada 2020". Dalam survei tersebut, paslon Gibran Rakabuming dan Teguh Prakosa berpeluang memenangi Pilkada Solo 2020.

"Di Kota Surakarta, pasangan nomor urut 1 Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa berpeluang melenggang mulus di pilkada Kota Surakarta, 9 Desember 2020," tutur Direktur Eksekutif Indo Barometer, M Qodari, Senin (7/12). Putra sulung Presiden Joko Widodo tersebut unggul telak dengan meraup 67,8 persen suara responden survei.

Sementara itu, paslon Bagyo Wahyono-FX Suparjo (BaJo) yang menjadi lawan Gibran di Pilwalkot Solo 2020 hanya mendapat empat persen suara. "Pemilih di Surakarta sudah terkonsolidasi. Kalau empat persen ditambah responden yang rahasia dan belum memutuskan lari ke Bajo juga masih kalah dengan Gibran yang 67,8 persen," lanjut Qodari.

Adapun survei ini digelar pada 20 hingga 25 November 2020. Populasi survei ini adalah warga negara Indonesia (WNI) di Kota Solo yang berusia minimal 17 tahun.


Survei dilakukan dengan mengajukan pertanyaan tertutup dengan paslon Gibran-Teguh dan BaJo. Pertanyaan yang diajukan adalah "Seandainya Pemilihan Wali Kota Kota Surakarta dilakukan hari ini, dari 2 pasangan calon berikut manakah yang B/I/S pilih sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota?"

"Gibran Rakabuming Raka secara konsisten unggul dalam berbagai variabel yang berpengaruh dalam Pilkada sebagaimana terekam dalam survei," ungkap Qodari. "Yakni tingkat pengenalan, tingkat kesukaan, penilaian kepribadian, penilaian kemampuan, alasan memilih, tingkat kepuasan pada Jokowi saat menjabat Wali Kota Surakarta, kepuasan kepada Jokowi sebagai Presiden RI."

Selain itu, Indo Barometer juga menilai bahwa peluang Gibran-Teguh memenangi Pilwalkot Solo turut dipengaruhi oleh latar belakangan PDIP yang unggul di kota tersebut. Apalagi Jokowi yang merupakan ayah Gibran dan berasal dari PDIP telah menang telak di Pilpres 2019.

"Gibran Rakabuming Raka juga diuntungkan oleh 3 latar belakang politik di Kota Surakarta, di mana PDI Perjuangan unggul sangat dominan dalam pemilu legislatif 2014 dan 2019, calon Gubernur PDIP unggul di pilkada Gubernur Jateng 2013 dan 2018. Calon presiden asal PDIP yang juga ayah kandung Gibran juga menang telak di Pilpres 2014 dan 201

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru