‘Lenyap’ Usai Jadi Tersangka Kerumunan, Dimana Jejak Habib Rizieq?
Nasional

Keberadaan Habib Rizieq masih menjadi misteri setelah ditetapkan sebagai tersangka kerumunan. Ditunggu untuk pertanggungjawaban kasusnya, dimana jejak imam besar FPI itu?

WowKeren - Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab telah ditetapkan sebagai tersangka oleh Polda Metro Jaya pada Kamis (10/12). Penetapan itu dilakukan atas kasus kerumunan massa di tengah pandemi virus corona yang terjadi di kawasan Petamburan, Jakarta Pusat beberapa waktu lalu.

Pasca penetapan tersangka, keberadaan Habib Rizieq masih menjadi misteri. Ia juga diketahui telah mangkir dari pemeriksaan kepolisian saat dipanggil menjadi saksi hingga dua kali. Alasannya, ia sedang memiliki masalah kesehatan.

Habib Rizieq sempat muncul saat pemakaman jenazah laskar FPI yang tewas ditembak kepolisian di Tol Jakarta-Cikampek pada Senin (7/12) lalu. Dalam kemunculannya ini, Habib Rizieq lengkap dengan gamis dan sorban kepala berwarna putih menyampaikan duka mendalam atas meninggalnya 6 pengawalnya.

FPI sendiri berkali-kali menegaskan tidak akan membocorkan keberadaam imam besar mereka ke media maupun kepolisian. Sekretaris Umum FPI, Munarman menolak berkomentar tentang penetapan tersangka. Dia mengatakan akan menemui Rizieq terlebih dahulu terkait penetapan tersangka tersebut sebelum akhirnya memberikan tanggapan ke media massa.

Selama ini, ada tiga lokasi yang sering dikunjungi Habib Rizieq. Pertama adalah rumahnya di kawasan Cluster The Nature Mutiara Sentul, Babakanmadang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Dilansir MNC Media, kompleks perumahan di kawasan itu nampak sepi. Bahkan, tidak ada satupun aktivitas keluar masuk kendaraan yang diduga rombongan atau kelompok dari Habib Rizieq. Padahal, biasanya berdasarkan kesaksian warga sekitar selalu terlihat beberapa anggota laskar FPI berpakaian serba putih keluar masuk wilayah itu.


Lokasi kedua adalah Pesantren Alam Agrokultural Megamendung. Setelah insiden penembakan 6 pengawalnya, Habib Rizieq diduga ke pondok pesantren miliknya ini untuk ikut memakamkan para jenazah yang tewas ditembak polisi.

Lokasi terakhir adalah Petamburan III. Selain menjadi Markas FPI, lokasi ini juga merupakan rumah Habib Rizieq. Bahkan, kawasan Petamburan menjadi yang paling banyak mendapatkan sorotan karena kasus kerumunan usai Habib Rizieq pulang dari Arab Saudi pada 10 Novemver lalu.

Sementara itu, Wakil Sekertaris Front Pembela Islam (FPI) Aziz Yanuar menutup rapat-rapat lokasi Habib Rizieq berada saat ini. Ia merahasiakannya dengan alasan untuk menjaga keamanan sang imam besar FPI itu.

Selain itu, ia juga menyampaikan kondisi kesehatan Rizieq memang belum pulih benar. Kondisi itu membuat Rizieq masih belum bisa memenuhi panggilan kepolisian hingga dua kali sebelum ditetapkan sebagai tersangka.

”Untuk alasan keamanan, kami tidak bisa mengekspos lokasi persisnya beliau seperti itu,” kata Aziz di DPR seperti dilansir dari Merdeka, Kamis (10/12). “Kalau kondisi pemulihan beliau sudah selesai insya Allah akan penuhi panggilannya.”

Lebih lanjut Aziz juga memastikan Rizieq telah mengetahui jika dirinya ditetapkan sebagai tersangka oleh kepolisian. Oleh sebab itu, tim kuasa hukum FPI tengah berdiskusi dengan tim lainnya untuk mengatasi kasus hukum kerumunan massa di tengah pandemi virus corona tersebut.

”Kita memang sudah memperkirakan penetapan tersangka tersebut,” tutur Aziz. “Sebagaimana kita sampaikan bahwa ini memang ada arah dugaan untuk krimininalisasi ketidakadilan terhadap Habib Rizieq Shihab.”

(wk/lian)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru