Tempel Foto Suga BTS Sampai Naruto, Begini Kreativitas Warga +62 Saat Ogah Coblos Surat Suara
Twitter/momolciao
SerbaSerbi

Tampaknya tak semua yang hadir di TPS menggunakan hak pilihnya dengan baik. Terbukti dari kreativitas para pemilih berikut ini yang 'memodifikasi' surat suara mereka, seperti apa?

WowKeren - Indonesia resmi menyelenggarakan Pilkada serentak di 270 daerah pada Rabu (9/12) kemarin. Penyelenggaraan Pilkada ini menuai pro dan kontra karena terjadi di tengah pandemi COVID-19 yang malah dalam beberapa waktu belakangan semakin ganas, terbukti dari 1 puskesmas saja sampai mengirimkan 72 pasien positif sekaligus.

Namun sepertinya pesta demokrasi ini tidak disambut dengan antusiasme tinggi masyarakat. Pasalnya selain tingkat kepesertaannya yang diklaim cukup berkurang, peserta yang hadir pun ternyata tidak menggunakan hak pilihnya dengan baik dan benar. Bukan tidak mencoblos, mereka malah menuangkan kreativitas di lembar surat suara yang diberikan yang kekinian menjadi viral di media sosial.

Akun Twitter @momolciao merangkum sebagian besar kreativitas warga +62 ini. Kreativitasnya tak sebatas mencoret-coret kertas suara, ada yang niat sampai menempelkan foto, selebaran, hingga mengguntingnya membentuk pola yang unik. Seperti apakah? Berikut WowKeren pilihkan yang paling menarik. Simak terus ya.

(wk/elva)

1. Anti Mainstrem! Ada Foto Suga BTS di Surat Suara


Anti Mainstrem! Ada Foto Suga BTS di Surat Suara
Twitter/momolciao

Memang hanya ada satu calon kepala daerah yang berlaga di Kabupaten Kediri sehingga lawannya adalah kotak kosong. Namun seorang peserta Pilkada rupanya menempelkan foto idol Korea Selatan, Suga BTS (Bangtan Boys) di kotak kosong itu, meski tak nampak mencoblos sosok sang rapper.

2. Tokoh 2 Dimensi pun Ikut Berebut Jadi Kepala Daerah


Tokoh 2 Dimensi pun Ikut Berebut Jadi Kepala Daerah
Twitter/momolciao

Kalau tadi idol K-Pop, maka kini tokoh 2 dimensi dari dunia anime yang ikut berlaga di Pilkada. Misalnya saja temuan foto Uzumaki Naruto dan Nara Shikamaru di surat suara Kota Medan, bahkan dicoblos oleh sang peserta!

Di Kota Medan pula ditemukan surat suara yang ditempeli foto tokoh anime "One Piece" atau tokoh Avatar The Legend of Aang di surat suara Kota Solo. Jadi, sebenarnya kita masih di Indonesia atau sudah pindah ke Konoha?

3. Bingung Mau Pilih Siapa? Coblos Diri Sendiri Saja!


Bingung Mau Pilih Siapa? Coblos Diri Sendiri Saja!
Twitter/momolciao

Slogan love yourself alias mencintai diri sendiri tampaknya benar-benar dipraktikkan oleh dua pemilih ini. Lagi-lagi di Kabupaten Kediri, Jawa Timur, bagian kotak kosong surat suara itu malah ditempeli foto seseorang, diasumsikan sebagai sang pemilih sendiri, meski tak tampak dicoblos.

4. Agenda Politik Konon Kebal COVID-19, Benarkah?


Agenda Politik Konon Kebal COVID-19, Benarkah?
Twitter/momolciao

Teori konspirasi itu yang coba diviralkan seorang pemilih di Samarinda, Kalimantan Timur. Ia mempertanyakan bagaimana bisa Pilkada tetap berlangsung ketika aspek kehidupan lain seperti ibadah dan bekerja dibatasi dengan dalih COVID-19.

"SAYA MINTA INI DIVIRALKAN. Saya datang ke tps ini untuk menghormati orang-orang yang bekerja dibalik ini semua. Yang saya pelajari akhir-akhir ini adalah pesta politik ini kebal terhadap virus korona," demikian isi selebaran yang ditempel pemilih di surat suaranya. "Ibadah dibatasi, sekolah dibatasi, kerja dibatasi. PESTA POLITIK JALAN TERUS BOS. SAHKAN RUU PKS."

5. Demo Antikorupsi dan Omnibus Law di Surat Suara, Siapa Takut?


Demo Antikorupsi dan Omnibus Law di Surat Suara, Siapa Takut?
Twitter/momolciao

Surat Suara Pilwali Makassar Sulawesi Selatan dijadikan tempat coret-coret seorang warga yang mendambakan kehidupan bernegara yang bersih dan bebas korupsi. "Fight For clean government," tulisnya.

Opini serupa juga disuarakan di beberapa tempat lain seperti Depok, Jawa Barat dan Tangerang Selatan, Banten. Bukan cuma itu, ada pula pemilih yang menggunakan surat suaranya untuk menentang pengesahan dan implementasi UU Cipta Kerja Omnibus Law.

6. Perjuangan untuk Daerah Tak Boleh Berhenti Meski Pilkada!


Perjuangan untuk Daerah Tak Boleh Berhenti Meski Pilkada!
Twitter/momolciao

Di Pilwali Surabaya, seorang pemilih menggunakan surat suaranya untuk mengungkapkan keinginannya mempertahankan Lapangan Karanggaram. Perjuangan serupa juga dilakukan oleh pemilih di Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, yang berharap agar PS Mojokerto Putra dipertahankan lewat tagline "SAVE PSMP"."

7. Nggak Level Coret-Tempel Foto, Surat Suara Ini Digunting!


Nggak Level Coret-Tempel Foto, Surat Suara Ini Digunting!
Twitter/momolciao

Barangkali contoh berikut yang paling bikin geleng-geleng kepala. Entah berapa lama waktu yang dihabiskan di balik bilik suara, namun sang peserta Pilkada bahkan sempat menggunting kertas suaranya menyisakan pola berbentuk hati hingga "mencabut" foto-foto calon kepala daerah.

Wah ada-ada saja ya aksi warga +62 ini? Kalau kalian, adakah cerita menarik selama mengikuti Pilkada? Jangan ragu untuk berbagi di kolom komentar ya.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terbaru