Anies Batasi Jam Tayang Bioskop DKI Maksimal Pukul 19.00, Pengusaha: Sudah Capek
Nasional

Aturan pembatasan jam tayang bioskop di DKI Jakarta ini berlaku pada masa libur Natal dan Tahun Baru. Yakni 24 hingga 27 Desember 2020, serta 31 Desember 2020 hingga 3 Januari 2021.

WowKeren - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membatasi jam opersional bioskop di Ibu Kota selama libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021. Jam tayang terakhir film bioskop hanya diizinkan maksimal pukul 19.00 WIB.

Ketentuan ini tertuang dalam Instruksi Gubernur Nomor 64 Tahun 2020 tentang Pengendalian Kegiatan Masyarakat dalam Pencegahan COVID-19 pada Masa Libur Hari Raya Natal 2020 dan Tahun Baru 2021. Aturan ini berlaku pada 24 hingga 27 Desember 2020, serta 31 Desember 2020 hingga 3 Januari 2021.

Menanggapi kebijakan tersebut, Gabungan Pengusaha Bioskop Seluruh Indonesia (GPBSI) mengaku hanya bisa pasrah. Apalagi menurut Ketua GPBSI Djonny Syafruddin, pendapatan bioskop kini jauh berkurang dibanding sebelum pandemi corona.

"Sudah capek, sudah parah, pendapatan juga sudah jauh. Bayangin ya, (pendapatan) mungkin tinggal 5 persen kali itu, paling tinggi 10 persen dari yang dulu (sebelum pandemi COVID-19)," tutur Djonny dilansir detikcom, Kamis (17/12). "Ada sehari pendapatan bioskop saya nih, saya enggak bicara bioskop yang lain lah, tapi rata-rata kayak gitu, ada yang dapat cuma Rp 300 ribu, Rp 800 ribu."


Menurut Djonny, tidak ada kepastian regulasi khususnya di industri bioskop. Ia menilai aturan tentang bioskop selalu berubah-ubah, kali ini mengenai jam tayang yang dibatasi maksimal pukul 19.00 WIB.

"Ini kita kan lagi gonjang-ganjing lah, enggak ada kepastian-kepastian semuanya, ntar begini, ntar begitu," kata Djonny. "Kita sudah capek juga lah, ntar gini, ntar gitu, ya berapa kali kita kasih izin-cabut, kasih izin-cabut, ya kan 3 kali."

Meski demikian, pihak pengusaha juga tidak dapat berbuat banyak tentang pembatasan jam tayang bioskop tersebut. Djonny mengaku bahwa pihaknya juga akan mematuhi aturan tersebut.

"Namun demikian kita namanya warga negara yang baik ikuti semua regulasi yang ada, peraturan yang berlaku, sebatas itu masih bisa kita tolerir ya kita tolerir lah, enggak ada masalah," pungkas Djonny. "Ikutin saja kita itu."

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru