7 Sajian Khas Indonesia Yang Selalu Ada Saat Natal, Bisa Dicoba Saat Kumpul Keluarga
Kuliner

Karena di Indonesia terdiri dari berbagai budaya, pastinya kulinernya pun beragam. Setiap daerah di Indonesia ternyata memiliki makanan khas Natalnya sendiri-sendiri loh.

WowKeren - Natal tahun 2020 hanya akan berlangsung beberapa hari lagi. Bagi pemeluk agama Kristiani, perayaan Natal biasanya identik dengan pohon Natal dan suasana yang meriah dengan kerlap-kerlip lampu indah khas Natal.

Perayaan Natal juga identik dengan kehangatan saat berkumpul bersama anggota keluarga sambil menyantap hidangan khas Natal nikmat. Jika saat momen Hari Raya Idul Fitri hidangan berupa opor dan ketupat jadi hidangan wajib, di momen Natal juga ada beberapa hidangan yang wajib ada saat Natal.

Karena di Indonesia terdiri dari berbagai budaya, pastinya kulinernya pun beragam. Setiap daerah di Indonesia ternyata memiliki makanan khas Natalnya sendiri-sendiri loh. Berikut tim WowKeren rangkum makanan khas Natal yang selalu tersedia di berbagai daerah di Indonesia. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Ayam Budu-budu, Makassar


Ayam Budu-budu, Makassar

Salah satu hidangan khas natal khas Indonesia datang dari Makassar yaitu Ayam Budu-Budu. Bagi yang tidak ingin repot memasak dengan bumbu yang banyak dan sulit dicari, resep ini sangat bisa untuk dipraktekkan karna bahan yang diperlukan sedikit, dan hanya membutuhkan waktu memasak sebentar.

Hidangan ini dibuat menggunakan ayam kampung dan berbagai rempah seperti jeruk nipis, jahe, daun bawang, dan lengkuas. Ayam budu-budu adalah makanan yang sehat dan enak. Kalian bisa menikmati ayam budu-budu ini dengan nasi putih hangat.

2. Klapertaart, Manado


Klapertaart, Manado

Siapa yang tak kenal dengan dessert khas Manado satu ini. Klappertaart dikenal sebagai kue khas Manado dengan bahan dasar kelapa, tepung terigu, susu, mentega dan telur. Resep adonan tersebut merupakan pengaruh saat zaman pendudukan Belanda di Manado. Makanan satu ini juga kerap dihidangkan ketika Natal loh.

Terdapat beberapa macam cara memasak klappertaart. Bila dipanggang dan menggunakan roti, maka akan menghasilkan klappertaart dalam bentuk yang padat, bisa dipotong layaknya kue taart pada umumnya. Tetapi ada juga cara memasak yang tidak dipanggang. Ini akan menghasilkan tekstur yang lembut. Kue ini paling nikmat bila disantap dalam keadaan dingin jadi tidak boleh dibiarkan terlalu lama di luar pendingin.

3. Ikan Kuah Kuning, Ambon


Ikan Kuah Kuning, Ambon

Ikan kuah kuning memang tak akan bisa dipisahkan dari hidangan khas Natal di Ambon. Kenikmatan ikan kuah kuning sudah dikenal sejak zaman nenek moyang masyarakat Maluku. Bahkan karena lezatnya, dahulu ikan kuah kuning selalu disajikan untuk para petinggi tentara Belanda yang datang. Tradisi santap ikan kuah kuning ini berlangsung hingga kawanan tentara kongsi dagang Belanda angkat kaki dari Maluku.

Berdasarkan sejarahnya, ikan kuah kuning adalah makanan yang sering disajikan di meja raja-raja. Artinya, ia bukanlah makanan yang baru lahir. Meski dahulu makanan ini disajikan untuk kalangan tertentu, kini ikan kuah kuning telah menjadi hidangan wajib saat masyarakat mengadakan hajatan. Ikan yang cocok dimasak sebagai ikan kuah kuning adalah jenis ikan yang hidup di terumbu karang seperti ikan sikuda atau barak kuda. Ikan ini bersisik tebal dan dagingnya agak kenyal.

4. Ayam Betutu, Bali


Ayam Betutu, Bali

Jika berbicara soal ayam betutu, kalian pasti akan teringat dengan Bali. Benar, makanan satu ini adalah salah satu kuliner Nusantara yang sering disajikan saat Natal. Ayam betutu merupakan jenis lauk pauk yang dibuat dari daging ayam yang telah dibersihkan kemudian dibalurkan bumbu khas Bali yang dikenal dengan base genep di seluruh permukaan tubuh daging ayam dan sebagian lagi dimasukkan ke dalam rongga abdomennya.

Daging ayam yang telah dibumbui tersebut kemudian direbus atau langsung dibakar hingga menghasilkan aroma yang khas. Aroma khas yang muncul disebabkan karena adanya pemanasan yang menyebabkan air dan lemak daging berantai pendek ikut menguap. Semakin banyak uap yang dihasilkan, semakin kuat dan enak aromanya. Menurut tradisi Bali, ayam betutu biasanya disajikan pada saat upacara adat seperti odalan, otonan, maupun perkawinan.

5. Kue Lampet, Tapanuli


Kue Lampet, Tapanuli

Masyarakat Batak memiliki makanan khas natal di Indonesia yang sangat menarik, namanya kue lampet. Kue ini dibentuk segitiga dan menyerupai limas dan dibungkus dengan daun pisang. Kue ini cukup populer di kalangan Suku Batak dan selalu menjadi makanan wajib yang disuguhkan saat natal.

Kue lampet ini terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan kelapa parut. Kemudian, kue ini diisi dengan gula merah dan dibungkus dengan daun pisang. Selanjutnya, kue akan dikukus sampai matang. Kue lampet ini sangat cocok dinikmati dengan secangkir teh atau kopi loh.

6. Kue Bagea, Ambon


Kue Bagea, Ambon

Bukan hanya masakan saja, kue pun menjadi santapan yang wajib ada saat Natal. Kue Bagea biasanya berbentuk bulat dengan warna coklat pucak. Bagea terbuat dari Sagu ditambahkan dengan gula halus, biji cintang, tepung sagu, minyak sayur, tepung terigu yang sudah diayak sebelumnya.

Adonan kue ini kemudian ditambah dengan kacang cintang halus, bumbu kayu manis, dan bubuk cengkeh. Dengan menggunakan banyak bahan dan rempat-rempah membuat cemilan ini terasa lezat dan pas di padukan dengan teh atau kopi. Tertarik mencicipi?

7. Ikan Masak Woku, Ambon


Ikan Masak Woku, Ambon

Olahan woku jadi salah satu sajian di hari istimewa. Sajian berbumbu woku amat terkenal sebagai masakan khas Manado, Sulawesi Utara. Kata “woku” sendiri diambil dari daun woka yang merupakan sejenis daun lontar pembungkus nasi. Bumbu yang digunakan dalam masakan woku beragam, tapi cukup mudah dijumpai, seperti bawang merah, bawang putih, kunyit, lengkuas, jahe, dan kemiri. Tak lupa tambahan cabai dan tomat untuk rasa pedas dan segar.

Pengolahan dengan bumbu woku ada dua macam, yakni woku daun dan woku belanga. Woku daun ialah cara memasak woku dengan daun woka. Bahan makanan dibungkus dalam daun khas tersebut kemudian dibakar atau dikukus. Hasilnya, makanan berempah nikmat dengan tampilan kering tanpa kuah.

Intip juga artikel ini untuk mengetahui beberapa rekomendasi hadiah saat hari Ibu yang bisa kalian contek. Simak juga artikel ini untuk mengetahui beberapa tips menjaga kesehatan lansia di tengah pandemi.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel