Jokowi Disebut Siap Kenalkan Calon Menteri Baru Hari Ini
Nasional

Menurut Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Joko Widodo bisa saja mengenalkan para calon Menteri baru tersebut pada Selasa (22/12) pagi atau siang hari ini.

WowKeren - Presiden Joko Widodo disebut akan mengumumkan susunan baru Kabinet Indonesia Maju pada Rabu (23/12) besok. Menurut Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Jokowi akan memperkenalkan siapa saja calon Menteri barunya pada Selasa (22/12) hari ini.

"Tentunya akan diperkenalkan kepada publik oleh Bapak Presiden," ungkap Heru pada Senin (21/12). Sejumlah calon Menteri baru juga disebut telah dipanggil Jokowi mulai Senin kemarin.

Namun, Heru enggan mengungkapkan siapa nama-nama yang dipanggil ke Istana. Ia hanya menekankan bahwa Jokowi bisa saja mengenalkan para calon Menteri baru tersebut pada pagi atau siang hari.

"Yang waktunya menyesuaikan waktu Bapak Presiden," tutur Heru. "Bisa pagi atau siang."


Sebagai informasi, kini ada dua kursi Menteri di Kabinet Indonesia Maju yang masih lowong, yakni Menteri Sosial serta Menteri Kelautan dan Perikanan. Pasalnya, kedua Menteri tersebut, yakni Juliari Batubara dan Edhy Prabowo, terjerat kasus dugaan korupsi.

Sementara itu, Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin telah menggelar rapat internal empat mata pada Senin kemarin. Juru Bicara Wapres Ma'ruf, Masduki Baidlowi, menyebut bahwa tidak menutup kemungkinan rapat tersebut membahas berbagai isu yang berkembang belakangan ini, salah satunya adalah kemungkinan perombakan alias reshuffle kabinet.

Sebagai informasi, isu reshuffle kabinet telah berhembus sejak sepekan terakhir. Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawaid sempat menyatakan bahwa kemungkinan besar Jokowi akan merombak posisi para Menterinya pada 23 Desember 2020 mendatang alias pada Rabu Pon menurut penanggalan Jawa.

Menurut Jazilul, prediksi tersebut didasarkan pada kebiasaan Jokowi melakukan reshuffle kabinet di waktu- waktu sebelumnya. "Insyaallah, itu perkiraan saya dari kebiasaan yang sudah-sudah," kata Jazilul dilansir CNN Indonesia, Rabu (16/12) pekan lalu.

Terkait isu reshuffle kabinet ini, Ketua Umum relawan Jokowi Mania (JoMan), Immanuel Ebenezer, meminta agar para calon Menteri Kabinet Indonesia Maju untuk meneken pakta integritas. Dalam pakta tersebut mereka harus berjanji untuk menjaga nama baik Jokowi dengan tidak terlibat praktik korupsi.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru