Ridwan Kamil Beri Sinyal Segera Buka Sekolah Tatap Muka Di Jabar, Sudah Aman?
Nasional

Gubernur Ridwan Kamil telah memberi sinyal akan segera membuka sekolah tatap muka di Jawa Barat selama pandemi virus corona. Lantas, apakah situasi sudah dipastikan aman?

WowKeren - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memberikan sinyal akan segera membuka sekolah tatap muka di tengah pandemi virus corona. Pernyataan ini diungkapkan setelah Ridwan menyebut ada 785 sekolah di Jabar yang sudah siap menjalani kegiatan belajar mengajar tatap muka di wilayahnya.

Dari 830 sekolah, Mantan Wali Kota Bandung ini menyebut sebanyak 785 sekolah sudah siap terkait protokol kesehatan pencegahan COVID-19. Karena itu, ia mengaku akan menunggu arahan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk kembali membuka sekolah.

”Persiapan tatap muka sesuai arahan Kemendikbud,” kata Ridwan di Makodam III/Siliwangi, Kota Bandung seperti dilansir dari CNNIndonesia, Senin (28/12). “Ada 785 sekolah dari 830 sekolah negeri yang sudah siap untuk melaksanakan tatap muka dengan pembatasan pembelajaran.”

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pendidikan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar Wahyu Mijaya menjelaskan ratusan sekolah itu terdiri dari swasta dan negeri. Mulai dari SMA hingga SMK. “Negeri dan swasta, SMA dan SMK,” ujar Wahyu.


Nantinya, izin pembukaan sekolah akan diberikan melalui surat keputusan bersama Mendikbud, Menteri Kesehatan, Menteri Dalam Negeri, dan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan. Selanjutnya, surat itu akan diserahkan kepada pemda.

Adapun syarat sekolah tatap muka dapat dibuka kembali di tahun depan jika telah memenuhi daftar periksa dan dipastikan siap. Diantaranya dengan menerapkan protokol kesehatan dengan ketat hingga menerima izin dari pemda dan komite sekolah.

Sebelumnya, rencana pembukaan sekolah tatap muka pada awal tahun depan atau semester genap tahun ajaran 2020/2021 disampaikan oleh Dinas Pendidikan (Disdik) Jabar. Rencana ini juga telah dibahas oleh sejumlah instansi terkait, seperti pemerintah daerah tingkat II, sekolah, Disdik, Kantor Kementerian Agama, dan pihak kecamatan.

”Khusus untuk tahun ajaran genap di Januari 2021,” kata Kepala Disdik Jabar Dedi Supandi dalam jumpa pers virtual, Jumat (18/12). “Intinya pembukaan tatap sekolah berprinsip terjaminnya kesehatan dan keselamatan peserta didik, tenaga pendidik maupun pendidik itu sendiri.”

(wk/lian)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait