Turis Asing Dilarang Masuk RI, Bagaimana Strategi Sandiaga Uno Genjot Pariwisata?
Nasional

Menparekraf Sandiaga Uno perlu memikirkan strategi yang tepat untuk menggenjot sektor pariwisata setelah pemerintah menutup pintu RI untuk WNA pada 1 Januari 2021 mendatang.

WowKeren - Pemerintah akan menutup pintu untuk warga negara asing (WNA) yang masuk ke Indonesia demi mencegah penularan varian baru virus corona (COVID-19). Kebijakan tersebut berlaku mulai 1-14 Januari 2021.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno rupanya turut menyoroti kebijakan tersebut. Ia pun harus memikirkan alternatif untuk menggenjot sektor pariwisata yang selama ini kolaps karena hantaman pandemi.

Sandi mengatakan akan mendorong wisatawan domestik sebagai ujung tombak pemulihan pariwisata. Hal itu dilakukan sambil menunggu pandemi berakhir dan pintu untuk wisatawan mancanegara dibuka kembali.


"Harapan kita bahwa bermitra dengan maskapai penerbangan. Kita bisa meningkatkan wisatawan domestik karena tumpuan kita hanya wisatawan domestik di tahun 2021," ujarnya di Menara Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Jakarta, Selasa (29/12).

Untuk mendorong wisatawan domestik, pihaknya telah berkoordinasi dengan para perusahaan penerbangan (INACA) untuk melakukan pengetatan protokol kesehatan. Sebab, aspek kesehatan jadi salah satu yang harus diutamakan selama pandemi COVID-19 ini.

"Kita baru saja berkomunikasi dengan INACA yang juga dalam koordinasi Kadin dan kita sepakat untuk menyamakan persepsi," jelasnya. "Kan yang kita dahulukan adalah aspek kesehatan dan maskapai penerbangan ini adalah mitra kita, agar standar penerapan protokol kesehatan itu ketat dan disiplin itu selaras, sehingga tidak ada tumpang tindih dan tidak ada kerancuan."

Menurut Sandi, kebijakan pemerintah menutup pintu masuk bagi WNA hingga 14 Januari demi menghindari munculnya kasus varian baru COVID-19 hanya akan berlaku sementara. "Keputusan itu sudah diambil dengan pertimbangan yang sangat matang berbasis data dan itu sudah jadi keputusan antara tanggal 1-14 (Januari), WNA asing tidak dibolehkan masuk ini semata-mata untuk kepentingan bangsa dan negara agar varian baru ini tidak masuk ke Indonesia dan kita mengutamakan keselamatan kesehatan masyarakat kita," imbuhnya dalam acara Jumpa Pers Akhir Tahun 2020.

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru