Gojek Dikabarkan Percepat Rencana Merger dengan Tokopedia Karena Alasan Ini
Unsplash/Afif Kusuma
Nasional

Dua perusahaan raksasa Gojek dan Tokopedia dikabarkan siap melakukan mega merger dalam beberapa bulan kedepan. Jika penggabungan usaha benar-benar dilakukan, lingkup bisnis keduanya akan semakin luas.

WowKeren - Sebelumnya santer beredar kabar bahwa Gojek dan Grab Indonesia akan melakukan penggabungan usaha atau merger. Namun kerjasama ini masih diselimuti kebuntuan dan belum menemui titik temu. Kini, Gojek dikabarkan siap melakukan mega merger dengan Tokopedia yang dikenal sebagai salah satu perusahaan e-commerce terbesar di Indonesia.

Kabar ini muncul lewat pemberitaan Bloomberg pada Selasa (5/1). Menurut pemberitaan tersebut, dua perusahaan raksasa ini bahkan telah menandatangani lembar persyaratan yang akan digunakan untuk melakukan uji tuntas.

Menurut sumber yang enggan disebutkan namanya, Gojek dan Tokopedia bahkan ingin menutup kesepakatan secepat mungkin. "Kedua belah pihak melihat potensi sinergi dan ingin menutup kesepakatan secepat mungkin dalam beberapa bulan mendatang," ujar seorang sumber dilansir dari Bloomberg pada Selasa (5/1).


Jika Gojek dan Tokopedia benar-benar merger, dua perusahaan ini diperkirakan bakal menciptakan valuasi hingga USD 18 miliar atau sekitar Rp 250 triliun. Lingkup kerjasama bisnis keduanya juga akan semakin luas, mulai dari pemesanan kendaraan, pembayaran, belanja hingga pengiriman online.

Dalam informasi yang lain, Gojek dan Tokopedia dikatakan telah mempertimbangkan potensi merger sejak tahun 2018 lalu. Kedua belah pihak dikabarkan mempercepat penggabungan setelah diskusi kerjasama antara Gojek dan Grab Holdings Inc. menemui jalan buntu.

Menanggapi rumor ini, Chief Corporate Affairs Gojek, Nila Marita, tak mau banyak berkomentar. "Kami tidak dapat memberikan komentar terhadap rumor dan spekulasi di pasar," ujar Nila seperti dilansir dari CNNIndonesia.com pada Selasa (5/1).

Lebih lanjut, Nila menjelaskan jika bisnis fundamental Gojek menjadi semakin kuat di tengah pandemi virus Corona. Selain itu, Nila juga menegaskan bahwa Gojek akan terus fokus dalam pertumbuhan layanan demi memuaskan pengguna dan mitranya.

(wk/eval)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru