Calon Guru Jadi Pelawak? Ini Cerita Di Balik Suksesnya Nama Cagur
Instagram/dennycagur/wendicagur/nar
Selebriti

Sebelum bertemu Wendi, grup Cagur sempat mengalami pergantian formasi hingga dua kali. Lalu bagaimana perjalanan grup lawak itu hingga kini namanya kian dikenal masyarakat?

WowKeren - Diketahui grup lawak Cagur terbentuk pada tahun 1997 silam. Hampir seperempat abad susah payah membesarkan nama tersebut, kini para personel grup Cagur mulai memetik buah perjuangannya.

Narji Cagur, salah satu mantan personel Cagur secara blak-blakan menceritakan kisah awal terbentuknya grup lawak tersebut. Narji membagikan ceritanya itu melalui tayangan di channel YouTube Abang Narji. Video tersebut menjadi unggahan pertama Narji yang kebetulan baru menjajal channel YouTube.

Rupanya pada saat awal pertama terbentuk, grup lawak tersebut terdiri dari Denny Cagur, Narji, dan Sapto. Kala itu ketiganya sama-sama sedang menempuh pendidikan di Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Jakarta yang sekarang telah berganti nama menjadi Universitas Negeri Jakarta (UNJ).

Tak berselang lama, masuklah Bedu menggantikan Sapto namun juga tidak bertahan lama dalam grup lawak tersebut. Bedu kemudian hengkang dari grup tersebut dan posisinya digantikan oleh Wendi Cagur.

Narji mengungkapkan bahwa pada awal perjuangan Cagur, ide cerita hingga menulis naskah dilakukan langsung oleh ketiga personel grup. "Cagur itu awal-awal syuting, nulis naskah masih kita bertiga. Judul kita yang nentuin, materi-materi kita yang nentuin," ungkap Narji melalui YouTube-nya.


Hal tersebut juga dibenarkan oleh Denny Cagur. Sebab, saat itu baik Denny, Narji maupun Sapto mengaku belum mampu membayar tim sehingga mau tidak mau segala hal dilakoni ketiganya. "Bukannya kreatif bukannya pinter, karena tidak mampu bayar tim. Akhirnya kita dipaksa pinter dipaksa kreatif," sahut Denny dengan renyah.

Diketahui, Cagur terbentuk bersamaan dengan event terbesar lomba lawak Indonesia bertajuk "Humor Ala Mahasiswa". Acara tersebut dicetuskan oleh pelawak senior Indonesia yakni almarhum Pepeng dan ditayangkan oleh RCTI pada tahun 1997.

Narji dan Denny yang memang sudah dekat sejak kuliah sepakat untuk mengikuti ajang perlombaan tersebut. Butuh satu personel lagi, Narji dan Denny sempat ingin mengajak salah satu cewek cantik di kampusnya untuk ikut bergabung dengan grup mereka. Cewek tersebut bernama Putri. Tak ingin mengambil risiko, keduanya sepakat untuk tidak memasukkan perempuan dalam grup tersebut.

Pusing tujuh keliling, akhirnya Narji dan Denny bertemu dengan Sapto. "Ini ada satu orang gila lagi di kelas A, namanya Sapto. Ayo kita cari dan terbentuklah Cagur," imbuh Narji.

Cagur pertama kali manggung di acara "Humor Ala Mahasiswa" pada 23 Juli 1997. Keduanya kemudian sepakat untuk menjadikannya sebagai tanggal lahirnya Cagur. Nama Cagur sendiri merupakan gabungan dari kata, Calon Guru. Narji mengusulkan nama tersebut karena memang ia diminta orangtuanya untuk menjadi guru. Kemana pun Narji pergi, ia selalu membawa istilah calon guru. Hingga akhirnya Sapto dan Denny setuju menamai grup mereka dengan nama Cagur, Calon Guru.

(wk/wahy)

You can share this post!

Related Posts