Akhiri Mogok Jualan, Pedagang Daging Sapi Kembali Buka Lapak
ANTARA FOTO
Nasional

Asosiasi Pedagang Daging Indonesia (APDI) telah mengeluarkan surat imbauan kepada seluruh pedagang daging untuk berhenti melakukan mogok jualan per Jumat (22/1) hari ini.

WowKeren - Para pedagang daging sapi telah kembali berjualan pada Jumat (22/1) hari ini. Sebelumnya, para pedagang daging ini menggelar aksi mogok jualan yang dimulai pada Rabu (20/1) kemarin.

Asosiasi Pedagang Daging Indonesia (APDI) telah mengeluarkan surat imbauan kepada seluruh pedagang daging untuk berhenti melakukan mogok jualan per hari ini. "Dengan ini kami mengimbau kepada teman-teman pedagang daging mohon kiranya besok dapat berdagang kembali. Hari Jumat 22 Januari 2021 sudah berdagang kembali," bunyi surat imbauan yang ditandatangani Ketua Harian APDI Asnawi dikutip dari Detikcom, Jumat (22/1).

Dalam surat tersebut, Asnawi menjelaskan Kementerian Perdagangan dan perwakilan pedagang daging telah melakukan rapat koordinasi sejak Selasa hingga Rabu kemarin. Hasilnya, pemerintah menindaklanjuti permintaan pedagang daging dengan dua tindakan.

Pertama, Kemendag akan menstabilkan harga sapi potong di tingkat feedloter, RPH, dan harga daging di pasaran. "Kedua, Kemendag akan memastikan kelancaran atau ketersediaan pasokan sapi potong dan daging untuk pedagang," tuturnya.


Sebelumnya diketahui, jika seluruh pedagang daging di Jabodetabek melakukan mogok jualan. Harga daging yang mahal jadi masalahnya.

Seorang pedagang bernama Suharja mengatakan harga daging sapi di tempat pemotongan yang tinggi menjadi alasan melakukan aksi mogok. Dia mengatakan harga daging sapi di pemotongan sudah tembus Rp 130 ribu per kg.

Padahal pedagang biasanya menjual ke konsumen Rp 120 ribu per kg. "Harganya tinggi di pemotongannya, nggak sesuai sama penjualan. Dari sananya Rp 130 ribu, kalau kita biasanya di sini kan jual (daging sapi) Rp 120 ribu," ujarnya, Rabu (20/1).

Aksi mogok itu kemudian diantisipasi oleh Pemprov DKI dengan menyiapkan stok daging beku. Pemprov DKI pun menjamin stok daging beku di Jakarta bisa memenuhi kebutuhan masyarakat selama aksi mogok berlangsung. Daging-daging tersebut disimpan di gudang penyimpanan daging yang berlokasi di PD Dharma Jaya.

(wk/nidy)

You can share this post!

Related Posts