Pengakuan Siswi Nonmuslim di Padang yang Pilih Berhijab di Sekolah Sejak SD
Nasional

Sejumlah siswi nonmuslim di SMK Negeri 2 Padang lantas menceritakan pilihan mereka untuk menggunakan hijab kala bersekolah. Ada yang sudah berhijab sejak SD, ada yang sejak SMP.

WowKeren - Polemik siswi nonmuslim yang diminta mengenakan hijab kala bersekolah di Padang, Sumatera Barat, tengah ramai diperbincangkan. Polemik ini berawal dari video viral yang menampilkan adu argumen antara orangtua siswi nonmuslim dengan pihak sekolah di SMK Negeri 2 Padang karena aturan hijab tersebut.

Sejumlah siswi nonmuslim di sekolah tersebut lantas menceritakan pilihan mereka untuk menggunakan hijab kala bersekolah. Salah satu siswi yang memeluk agama Kristen, Eka Maria Putri Waruwu, mengaku sudah berhijab ke sekolah sejak kelas IV SD. Menurut Eka, dirinya bisa saja tak memakai hijab karena tak ada paksaan bagi siswi nonmuslim untuk berhijab ke sekolah.

"Pakaian seperti ini (pakai jilbab) hanya atribut saja, kok. Identitas saya sebagai pelajar SMK 2," tutur Eka dilansir detikcom pada Senin (25/1). "Tidak kaitan dengan masalah iman."


Sementara itu, siswi yang bernama Elisabeth Angelia Zega mengaku sudah berhijab saat ke sekolah sejak masih duduk di bangku SMP. "Tidak ada unsur paksaan dan saya juga sudah dari SMP memakai jilbab ini," ungkap Elisabeth.

Elisabeth mengaku tak merasa ada tekanan batin meski berpakaian seperti teman-temannya yang beragam Islam. "Iman saya tetap percaya Tuhan Yesus. Tak ada tekanan batin kalau pakai jilbab," jelas Elisabeth.

Hal senada juga diungkapkan oleh siswi nonmuslim lain yang bernama Yulita Harefa. Menurut Yulita, dirinya sudah menggunakan hijab saat sekolah sejak SMP. "Sudah sejak SMP saya memakai jilbab ke sekolah, saya tidak pernah minder," jelas Yulita.

Sebelumnya, Kepala SMKN 2 Padang, Rusmadi, mengaku siap dipecat jika pihaknya memang salah dalam polemik siswi nonmuslim diminta berhijab ini. Rusmadi sendiri menegaskan tidak pernah ada aturan yang mewajibkan siswi nonmuslim untuk mengenakan hijab ke sekolah. Rusmadi mengaku dirinya sudah mengingatkan staf sekolah untuk tak pernah memaksa siswi nonmuslim menggunakan hijab.

(wk/Bert)

You can share this post!

Related Posts