Korban Bencana Diwajibkan Bawa KK Untuk Ambil Sembako, Ini Kata BPBD
Twitter/SAR_NASIONAL
Nasional

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulawesi Barat buka suara menanggapi kabar beredar yang menyebutkan jika korban bencana diwajibkan menunjukkan kartu keluarga agar mendapat bantuan sembako.

WowKeren - Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulawesi Barat Darno Majid membantah bahwa warga terdampak bencana diberi syarat membawa kartu keluarga (KK) untuk mengambil bantuan sembako. Menurutnya, penggunaan KK hanya untuk pendataan jumlah warga yang ada di salah satu posko.

"Supaya kita data jumlah pengungsi. Jadi bukan ada persyaratan," kata Darno, Sabtu (6/2). "Karena harus kita valid supaya dapur umum bisa kita gerakan di situ."

Isu tersebut, kata Darno, muncul karena ada beberapa warga yang datang untuk meminta bantuan sembako dan mengaku berasal dari salah satu posko. Namun, untuk langkah pendataan berapa jumlah keluarga yang ada di posko tersebut pihaknya meminta KK.


"Bagaimana kita bisa memberikan bantuan kepada posko kalau tidak ada data yang valid," ujarnya. "Saya meluruskan bahwa tidak ada persyaratan KK untuk mendapatkan bantuan."

Sebelumnya diberitakan jika ada warga korban gempa bumi di Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat, yang harus nekat kembali ke rumahnya demi mencari Kartu Keluarga (KK) demi mendapatkan sembako dari pemerintah. Namun, Gubernur Sulawesi Barat Ali Baal Masdar menegaskan jika korban gempa tersebut tak perlu menunjukkan KK demi mendapatkan bantuan.

"Tidak perlu menunjukkan KK untuk mendapatkan bantuan," ujar Ali ketika hadir secara virtual di talkshow "Mata Najwa" edisi Rabu (20/1) malam. Pada kesempatan itu, ia menjelaskan perihal fungsi menunjukkan KTP dan KK, namun bukan berarti warga tak bisa mendapat bantuan kalau tak memilikinya.

"Untuk satu - dua hari kita mulai mendata warga (KTP dan KK) untuk ganti rugi rumah yang rusak. Ini harus didata semua, makanya harus diambil KTP dan KK," imbuh Ali. "Tapi intinya mereka yang terkena bencana akan kami bantu."

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait