Menteri PPPA Geram Viral Promosi Pernikahan Anak, Postingan 'Aisha Weddings' Soal Izin Ortu Disorot
Nasional

Menteri PPPA Bintang Puspayoga ikut mengomentari soal viral Aisha Weddings yang menawarkan jasa pernikahan anak usia 12 tahun sampai promosi praktik poligami.

WowKeren - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga ikut angkat bicara soal viral ajakan menikah muda yang digaungkan penyedia jasa pernikahan "Aisha Weddings". Bahkan wedding organizer itu mempromosikan fasilitas menikah untuk anak-anak mulai dari usia 12 tahun serta aksi poligami.

Bintang pun mengaku geram atas viralnya jasa pernikahan yang dipromosikan Aisha Weddings. "Promosi untuk nikah di usia muda yang dilakukan Aisha Weddings membuat geram KemenPPPA dan semua LSM yang aktif bergerak di isu perlindungan anak," kata Bintang dalam keterangannya, Rabu (10/2).

Bintang memastikan promosi Aisha Weddings ini akan ditindaklanjuti karena bertentangan dengan hukum. KemenPPPA ke depannya akan berkoordinasi, mulai dari dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika hingga Polri.

"KemenPPPA akan mempelajari kasus ini dan melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait, beberapa kementerian atau lembaga dan NGO," tegasnya, dilansir dari Detik News. "Saya juga berkoordinasi dengan Kementerian Kominfo dan Kapolri agar dapat dilakukan penyelidikan lebih lanjut."

"Kami khawatir, data pribadi anak-anak dan remaja yang tertarik dengan situs tersebut justru disalahgunakan dan mereka menjadi target tindakan pelanggaran hukum lainnya, seperti eksploitasi seksual ekonomi kepada anak hingga perdagangan anak," imbuhnya. "Itu sebabnya kami akan melibatkan pihak aparat hukum agar anak-anak tidak menjadi korban."


Menteri PPPA Geram Viral Promosi Pernikahan Anak, Postingan \'Aisha Weddings\' Soal Izin Ortu Disorot-1

Situs Resmi-Facebook

Kekinian baik situs maupun laman Facebook dari Aisha Weddings diketahui tak lagi bisa diakses. Namun sebelum akhirnya "menghilang", Aisha Weddings rupanya sempat mengunggah postingan menanggapi berbagai kecaman yang dialamatkan kepadanya akibat promosi pernikahan anak tersebut.

Malah dalam postingannya, Aisha Weddings mengungkit perihal izin orang tua yang semestinya tak perlu dipermasalahkan warganet yang kontra atas pernikahan anak. Bahkan pernikahan anak, imbuh Aisha Weddings, bisa menjadi salah satu alternatif bagi keluarga kurang mampu demi menghidupi anaknya.

Menteri PPPA Geram Viral Promosi Pernikahan Anak, Postingan \'Aisha Weddings\' Soal Izin Ortu Disorot-2

Facebook

"Jangan menilai... Jika orang tua mau dan KUA mengeluarkan dispensasi nikah bagi anak.... Kenapa murka? Beberapa keluarga tidak punya uang untuk anaknya... Lebih baik menikah daripada mati kelaparan..." tulis Aisha Weddings yang sudah sempat diambil tangkapan layarnya dan diunggah di media sosial lain seperti Twitter @tubirfess.

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts