Simak Baik-Baik! Pendaftaran CPNS dan PPPK 2021 Dibuka Mei, Ada 1,3 Juta Formasi
Nasional

KemenPAN-RB mengonfirmasi rekrutmen CPNS dan PPPK, baik di pemerintah pusat maupun daerah, siap dibuka sekitar April-Mei 2021. Berikut penjelasan selengkapnya.

WowKeren - Kaum pengejar NIP, are you ready? Sebab kini sudah ada "hilal" perihal pelaksanaan rekrutmen aparatur sipil negara, dalam hal ini lewat jalur calon pegawai negeri sipil (CPNS) ataupun pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) yang menyasar kaum guru.

Sedianya rekrutmen CPNS dan PPPK akan dilakukan mulai Mei 2021 mendatang. Kendati demikian, sejak Maret besok sudah mulai diumumkan jumlah formasi CPNS dan PPPK yang diperlukan, baik di instansi pemerintah pusat maupun daerah.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) pun memberikan sedikit gambaran soal jadwal rekrutmen itu. Berikut penjelasannya dari Pelaksana Tugas Deputi Sumber Daya Manusia Aparatur KemenPAN-RB, Teguh Widjanarko.

"Rencananya bulan Maret 2021, akan ditetapkan formasinya, dan bulan April hingga Mei 2021, dibuka proses pendaftaran," ujar Teguh, Senin (15/2). "Juni 2021, mulai dilakukan seleksi. Rincian detailnya akan diumumkan oleh pemerintah."


Tak main-main, kebutuhan ASN di tahun ini disebutkan mencapai sekitar 1,3 juta. Jumlah ini meliputi 1 juta guru yang direkrut lewat jalur PPPK serta ratusan ribu CPNS untuk berbagai jabatan teknis.

"Untuk kebutuhan jabatan lainnya di pemda, di luar guru ditentukan sebesar sekitar 189.000," papar Teguh, dikutip dari Kompas. "Yang terdiri dari 70.000 PPPK jabatan fungsional selain guru dan 119.000 CPNS untuk berbagai jabatan teknis yang sangat diperlukan. Termasuk tenaga kesehatan."

Sementara itu, untuk instansi pemerintah pusat ditentukan kebutuhan sebesar sekitar 83.000. Dengan persentase 50 persen PPPK dan 50 persen CPNS untuk berbagai jabatan sesuai kebutuhan masing-masing instansi.

Lebih lanjut dijelaskan Teguh, saat ini KemenPAN-RB sudah mengirimkan surat kepada Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati terkait pemenuhan kebutuhan ASN tahun ini. Lantas kapan kira-kira pengumuman soal rekrutmen CPNS dan PPPK akan disampaikan?

"Pada intinya Menteri Keuangan setuju dengan usulan rencana kebutuhan ASN tahun 2021. Selanjutnya, Kementerian PAN-RB sedang menunggu pertimbangan teknis dari BKN," pungkas Teguh.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait