Jae DAY6 Komentari Lagu Baru GOT7, Keceplosan dan Lupa Kalau Sudah Tinggalkan JYP
Instagram/eajpark
Selebriti

Jae dapat segera merasakan bahwa ada sesuatu yang berbeda pada lagu 'Encore' milik GOT7, tapi dia tidak tahu pasti. Dia mulai bertanya-tanya dengan lantang proses penggarapan lagu di JYP.

WowKeren - Dalam siaran Twitch di saluran eaJParkOfficial, Jae DAY6 bereaksi terhadap lagu baru GOT7, "Encore". Pada kesempatan ini, rupanya Jae lupa kalau boy grup beranggotakan 7 orang itu telah meninggalkan JYP Entertainment.

Jae dapat segera merasakan bahwa ada sesuatu yang berbeda pada lagu itu, tetapi dia tidak tahu pasti. Dia mulai bertanya-tanya dengan lantang, "Apakah agensi akhirnya berhenti mencoba A&R (artist and repertoar) untuk mereka? Ini keren sekali!”

Kemudian Jae teringat, "Oh, mereka tidak ada di JY lagi," ujarnya sambil tertawa. "Tidak heran lagunya bagus." Jae mengklarifikasi pernyataan terakhirnya dengan cepat sebelum ada serangan balasan, "Aku hanya bercanda. Lagu GOT7 semuanya bagus."

Jae menjelaskan pemikiran dan alasannya dengan lebih detail. Menurutnya musiknya terdengar sangat trendi dan bauran vokalnya bagus. "Begitu bait pertama muncul, aku seperti, 'Tunggu...' Mix JY ini?! Kemudian aku mendengar vokalnya…dan aku seperti, 'Tunggu. Ini tidak kering?"


Dia kemudian menjelaskan sedikit tentang proses produksi musik di belakang layar dan apa yang dia maksud dengan penggunaan kata "kering" ketika menggambarkan sebuah lagu.

"Mix itu mengikuti tren, bukan? Jadi jika kamu membuat lagu menjadi kering, maka itu tidak menjadi tren. Itu berlangsung lebih lama daripada jika dicampur basah seperti itu atau jika dicampur basah seperti ini. Lagu ini sangat basah. Semuanya basah tentang itu. Jenis reverb atau delay tertentu yang hanya – atau hanya EQ (ekualisasi) secara umum dalam cara kamu me-mix lagu mengendarai gelombang. Jadi lagu di tahun 2010 tidak terdengar seperti lagu di tahun 2020. Jika kamu mendengarkan lagu di tahun 2010 setelah mendengarkan lagu dari tahun 2020, kamu akan berpikir, 'Oh, ini sudah tua,' tetapi lagu yang lebih kering adalah dan vokalnya, tidak terasa setua itu. Dan itulah mengapa JY memilih — bukan JY orangnya, JY agensinya — memilih vokal mereka jauh lebih kering sehingga bertahan lebih lama. Jadi, dalam waktu singkat, itu tidak baik untuk produktivitas kecuali jika lagu tersebut entah bagaimana dapat menarik perhatian penonton tanpa filter tambahan dan fitur mix dari tren saat ini," jelas Jae.

Jae memberi DAY6 sebagai contoh pada akhirnya. Dia yakin bahwa 90% dari lagu mereka benar-benar memiliki vokal kering, seperti "You Were Beautiful". Dia merasa vokalnya sangat kering sehingga hampir tidak tercampur. Sebaliknya, dia mencoba untuk bernyanyi dalam jangkauan yang lebih luas pada lagu-lagu eaJ pribadinya. Dia menyimpulkan, "Kalau kamu bisa mengalahkannya dengan kering, maka aku pikir itu lebih baik."

Di akhir video musik “Encore”, Jae menambahkan, “Ini adalah lagu yang bagus. Itu lucu."

(wk/dewi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait