Lagu K-Pop yang Didistribusikan Oleh Kakao M Dihapus Dari Spotify Seluruh Dunia, Ini Penyebabnya
spotify.com
Musik

Semua lagu yang didistribusikan oleh Kakao M telah dihapus dari Spotify di semua wilayah di seluruh dunia. Setiap dan semua lagu yang dirilis grup ini melalui Kakao M sejak 2019 tidak lagi tersedia untuk streaming di Spotify.

WowKeren - Dengan 35% pangsa pasar streaming musik global, Spotify adalah salah satu layanan streaming paling populer di dunia dan menjadi pilihan populer bagi penggemar K-Pop. Namun baru-baru ini penggemar dikejutkan dengan fakta bahwa lagu-lagu K-Pop yang didistribusikan oleh perusahaan musik populer Kakao M telah dihapus dari semua wilayah Spotify secara global.

Awal Februari, Spotify akhirnya meluncurkan platformnya di Korea Selatan, di mana layanan streaming seperti Melon dan Genie sudah mendominasi pasar selama bertahun-tahun. Namun, sejak hari pertama, tidak ada musik yang didistribusikan oleh Kakao M yang tersedia untuk streaming di Spotify Korea.

Banyak orang berasumsi karena Kakao M adalah perusahaan yang bertanggung jawab atas Melon, pesaing langsung Spotify terbesar di negara ini. Sekarang, fans internasional juga terpengaruh. Mulai 1 Maret, semua lagu yang didistribusikan oleh Kakao M telah dihapus dari Spotify di semua wilayah di seluruh dunia.

Setiap dan semua lagu yang dirilis grup ini melalui Kakao M sejak 2019 tidak lagi tersedia untuk streaming di Spotify. Meskipun penggemar di beberapa wilayah melaporkan bahwa beberapa lagu masih tersedia untuk mereka, tidak jelas apakah lagu tersebut juga akan segera dihapus.


Dalam sebuah pernyataan melalui sebuah media Inggris, NME, Spotify akhirnya buka suara. Pihak Spotify menjelaskan bahwa penghapusan lagu-lagu tersebut karena berakhirnya lisensi antara Kakao M dan Spotify.

"Katalog Kakao M tidak akan lagi tersedia untuk pengguna di seluruh dunia mulai 1 Maret 2021 karena berakhirnya lisensi kami. Kami telah bekerja sama dengan Kakao M selama satu setengah tahun terakhir untuk memperbarui perjanjian lisensi global, sehingga musik artis mereka akan tetap tersedia bagi lebih dari 345 juta pendengar Spotify di hampir 170 pasar di seluruh dunia. Terlepas dari upaya terbaik kami, kesepakatan lisensi yang kami miliki dengan Kakao M (yang mencakup semua negara selain Korea Selatan) telah berakhir," terang Spotify.

Namun, Spotify meninggalkan harapan bagi pengguna ketika itu mengisyaratkan bahwa mereka "berharap gangguan itu hanya sementara". Platform tersebut, menurut pernyataan mereka, berkomitmen untuk bekerja sama dengan Kakao M untuk "membantu menumbuhkan pasar musik Korea dan ekosistem streaming secara keseluruhan bersama-sama."

"Fakta bahwa kami belum mencapai kesepakatan tentang kesepakatan global baru sangat disayangkan bagi artis mereka, serta untuk penggemar dan pendengar di seluruh dunia. Kami berharap gangguan ini hanya sementara dan kami dapat segera menyelesaikan situasi ini. Kami tetap tinggal berkomitmen untuk bekerja dengan pemegang hak lokal termasuk Kakao M, untuk membantu menumbuhkan pasar musik Korea dan ekosistem streaming secara keseluruhan bersama-sama," lanjut Spotify.

(wk/putr)

You can share this post!

Related Posts