Soal Mudik Lebaran 2021, Satgas Bakal Beri Izin Jika COVID-19 Terkendali
commons.wikimedia.org/mochamad rachmat
Nasional

Anggota Bidang Tracking Satgas Penanganan COVID-19 Masdalina Pane buka suara terkait wacana pemerintah yang tak melarang pelaksanaan mudik Lebaran di tahun ini.

WowKeren - Pemerintah berencana untuk tidak menerapkan larangan mudik Lebaran tahun 2021 ini. Anggota Bidang Tracking Satgas Penanganan COVID-19 Masdalina Pane pun menyebutkan jika pihaknya akan terus memantau kasus COVID-19 setiap harinya selama 2 bulan ke depan.

Hal tersebut dilakukan untuk memastikan kondisi pandemi terkendali sebelum masa mudik lebaran 2021. "Kita lihat dulu dalam dua bulan ke depan, kalau seluruh indikator pengendalian COVID-19 terpenuhi, iya diperbolehkan (mudik 2021), tapi kita lihat dulu dinamikanya," kata Masdalina dikutip dari CNNIndonesia, Kamis (18/3).

Masdalina menjelaskan, berdasarkan data yang dimilikinya, ada penurunan angka kasus konfirmasi positif selama tujuh pekan terakhir. Namun ia masih harus melihat data 3-4 minggu ke depan untuk memastikan pandemi COVID-19 terkendali.

Langkah tersebut diperlukan untuk mencegah terjadinya lonjakan kasus pasca libur lebaran 2021. Sehingga meskipun mobilitas orang bertambah, angka kasus positif harian tidak akan mengalami lonjakan. "Secara umum terdapat penurunan sistematis jumlah kasus dan kematian dalam 7 minggu terakhir, tapi masih dibutuhkan 3-4 minggu ke depan untuk melihat konsistensi dalam pengendalian," tuturnya.


Sebagai patokan penurunan kasus harian, Masdalina mengatakan memakai ukuran temuan kasus terbanyak pada 16 Januari yaitu 14.224 kasus. Data hari tersebut dianggap menjadi puncak kasus COVID-19.

Selain itu, Masdalina juga mengatakan jika mudik bukanlah penyebab kasus positif meningkat. Peningkatan kasus positif dipengaruhi oleh testing-tracing yang masif. "Mobilitas itu dikenal sejak dulu mampu menyebarkan penyakit. Tapi bukan untuk meningkatkan jumlah kasus," imbuhnya.

"Jadi gak perlu melakukan pelarangan terhadap mobilitas orang. Toh selama ini kan turun 7 minggu dan cukup konsisten," sambungnya. "Standar WHO kan 3 minggu berturut-turut dari puncak tertinggi, kita optimistis (terkendali)."

Sebelumnya, Juru Bicara Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito mengatakan izin mudik lebaran masih dalam tahap pembahasan. Ia juga mengatakan masih mengkaji teknis pelaksanaan mudik lebaran 2021 bersama kementerian lembaga terkait.

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait