Ridwan Kamil Jamin Keamanan Paskah 2021, Mengutuk Keras Aksi Terorisme
Instagram/ridwankamil
Nasional
Paskah 2021

Ridwan Kamil mengatakan peningkatan keamanan dilakukan menyusul terjadinya rentetan aksi terorisme, mulai dari insiden bom bunuh diri di Makassar hingga penyerangan Mabes Polri.

WowKeren - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menjamin keamanan saat pelaksanaan ibadah Jumat Agung, hari ini (2/4) dan perayaan Paskah pada Minggu (4/4). Pria yang akrab disapa Kang Emil itu mengimbau masyarakat untuk tidak takut karena pengamanan telah diperkuat oleh pihak kepolisian dan TNI.

"Saya menjamin secara keamanan, sudah dikoordinasikan. Nanti di hari Paskah dan hari Jumat, silahkan umat Kristiani untuk tidak takut melaksanakan kegiatan peribadatan karena kepolisian dan TNI juga akan menguatkan yang namanya keamanan di titik-titik yang diperlukan," ujar Ridwan Kamil pada Kamis (1/4).

Ridwan Kamil mengatakan bahwa peningkatan keamanan dilakukan menyusul terjadinya rentetan aksi terorisme, mulai dari insiden bom bunuh diri di Gereja Katedral, Makassar hingga penyerangan di Mabes Polri, Jakarta.

Ridwan Kamil menegaskan bahwa peningkatan keamanan juga dilakukan di berbagai objek vital, seperti kantor pemerintahan dan lembaga strategis lewat penetapan status Siaga 1. "Penguatan pengamanan di gedung-gedung pemerintah, di kantor-kantor, polisi juga sudah dalam Siaga 1," imbuh Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil juga mengimbau masyarakat untuk mewaspadai benih-benih terorisme dan radikalisme di lingkungannya masing-masing. Jika menemukan hal-hal yang mencurigakan, masyarakat diminta segera melaporkannya kepada aparat kewilayahan, seperti RT dan RW.


"Saya menitipkan kepada masyarakat untuk tetap tenang. Kemudian kita lawan benih-benih terorisme itu jika secara dini terdeteksi di lingkungan masing-masing dengan cara saling komunikasi. Kalau dengan gubernur ada (program) Sapa Warga, dengan RW-nya ada siskamling dan lainnya, kita perkuat," tambah Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil menyatakan bahwa pihaknya menyesali sekaligus mengutuk aksi terorisme yang terjadi secara beruntun itu. "Merentet dari Makassar, kemarin ke Mabes Polri. Tentu kita mengutuk keras terorisme ini dan tetap menjadi tantangan kita untuk selalu waspada," pungkas Ridwan Kamil.

Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Endi Ardimulan Chaniago juga ikut membuat pernyataan bahwa jajaran kepolisian di Jawa Barat siap memberikan jaminan keamanan kepada masyarakat yang akan melaksanakan ibadah Jumat Agung dan merayakan Paskah.

"Percayakan kepada kami, kami akan melakukan pengamanan semaksimal mungkin," tutur Erdi. Menurut Erdi, jaminan keamanan diberikan agar ibadah Jumat Agung dan perayaan Paskah bisa dilaksanakan dengan khusyu dan khidmat.

"Polisi sudah mengamankan kegiatan itu. Tentunya nanti akan ada pengecekan, itu bentuk dari kepedulian polisi melakukan pengamanan. Kita akan beri kenyamanan masyarakat yang melakukan kegiatan itu," tegas Erdi.

(wk/amal)

You can share this post!

Related Posts