Menaker Siap Umumkan Aturan THR 2021 Pekan Depan, Pengusaha Boleh Cicil?
Pixabay/Ekoanug
Nasional

Sebelumnya, Jokowi telah mendorong pihak swasta untuk memberikan THR kepada karyawan menjelang bulan Ramadhan. Jokowi menyebutkan bahwa pemerintah telah memberikan insentif kepada sejumlah sektor usaha.

WowKeren - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah disebut akan mengumumkan ketentuan terkait tunjangan hari raya (THR) keagamaan pada Senin (12/4) pekan depan. Menurut Direkur Pengupahan Direktorat Jenderal Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja, Dinar Titus Jogaswitani, akan ada perbedaan aturan THR tahun ini dengan tahun lalu.

"Insya Allah Senin akan diumumkan oleh Bu Menteri," terang Dinar kepada media CNN Indonesia, Jumat (9/4). Salah satu perbedaannya adalah pembayaran THR kepada buruh hanya boleh dicicil di sektor usaha tertentu.

Di luar sejumlah sektor yang terdampak pandemi virus corona (COVID-19), Dinar memastikan bahwa THR wajib dibayar penuh dan tepat waktu. "Sedang disusun drafnya. Sepertinya berubah (dari tahun lalu)," kata Dinar.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo telah mendorong pihak swasta untuk memberikan THR kepada karyawan menjelang bulan Ramadhan. Jokowi menyebutkan bahwa pemerintah telah memberikan insentif kepada sejumlah sektor usaha.


"Menjelang bulan Ramadan ini, pemerintah mendorong pihak swasta untuk memberikan tunjangan hari raya (THR) bagi para karyawannya," tulis Jokowi di akun media sosial resminya pada Kamis (8/4). "Hal ini mengingat sejumlah fasilitas dan insentif kepada sejumlah sektor yang telah diberikan pemerintah."

Lebih lanjut, Jokowi menyatakan bahwa pemerintah juga akan mempercepat penyaluran bantuan sosial alias bansos serta perlindungan sosial. Dengan THR dan bansos tersebut, diharapkan konsumsi masyarakat dapat bertumbuh dan memacu pertumbuhan perekonomian nasional.

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengestimasikan terdapat perputaran dana di pasar hingga Rp 215 triliun dari pembayaran THR perusahaan kepada karyawan tahun ini. Sama seperti Jokowi, Airlangga juga berharap agar THR bisa mendorong konsumsi masyarakat jelang Lebaran tahun ini.

Apabila konsumsi meningkat, maka pertumbuhan ekonomi diharapkan bisa menerima dampak positif. Pasalnya, konsumsi masyarakat menjadi kontribusi utama dalam pembentukan produk domestik bruto (PDB).

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru