Gubernur Kaltim Perkirakan Uang Makan Pekerja Pembangunan Ibu Kota Baru Capai Rp 7,5 Miliar Per Hari
Instagram/suharsomonoarfa
Nasional

Menurut Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Isran Noor, proyek ibu kota baru juga dapat memicu pertumbuhan perekonomian daerah, bahkan saat masih di tahap pembangunan.

WowKeren - Ibu Kota Negara (IKN) Indonesia diketahui akan dipindahkan dari DKI Jakarta ke Kalimantan Timur (Kaltim). Adapun proyek pembangunan ibu kota baru ini diyakini akan menggerakkan ekonomi Kaltim.

Menurut Gubernur Kaltim Isran Noor, perputaran dana dari uang makan pekerja pembangunan ibu kota diperkirakan bisa mencapai Rp 7,5 miliar dalam sehari. Dengan demikian, proyek ibu kota baru dapat memicu pertumbuhan perekonomian daerah bahkan di tahap pembangunan.

Isran Noor mencontohkan bahwa pembangunan ibu kota baru ini diperkirakan akan membuka lapangan kerja bagi 150 ribu orang. Jika uang makan pekerja diasumsikan mencapai Rp 50 ribu sehari, maka perputaran uang dari uang makan pekerja sudah mencapai Rp 7,5 miliar.

"Sehari terjadi transaksi sekitar Rp 7,5 miliar. Itu baru makan-nya saja. Belum lagi jasa-jasa dan barang lainnya," tutur Isran Noor dilansir Antara, Kamis (15/4). "Maka wajar keberadaan ibu kota baru sangat berpengaruh dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah."


Lebih lanjut, Isran Noor mengungkapkan bahwa Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) 2020 Kaltim mencapai Rp 600 triliun lebih dan pertumbuhan ekonominya memberi kontribusi terbesar di Kalimantan. Adapun kontribusi tersebut diperkirakan akan semakin meningkat dengan adanya proyek ibu kota baru.

"Ke depannya, ini membuat sebuah perspektif yang bagus dan pemerintah pusat sudah memiliki komitmen," terangnya. "Salah satu pemacu pertumbuhan ekonomi Kaltim adalah melanjutkan pembangunan ibu kota negara yang baru."

Kehadiran ibu kota baru ini dinilai Isran Noor dapat meningkatkan kinerja perekonomian hingga tumbuh dua kali lipat. Bahkan dapat melampai rata-rata nasional. Presiden Joko Widodo sendiri disebutnya akan segera melakukan peletakan batu pertama (groundbreaking) pembangunan ibu kota anyar dalam waktu dekat.

"Dan itu besar sekali, karena memang tidak sedikit investasi dan transaksi di wilayah IKN," ungkapnya. "Juga momen-momen yang bisa kita kembangkan dan kaitkan dengan rencana strategis lainnya."

Sebelumnya, Isran Noor sempat menyatakan bahwa Jokowi bisa masuk surga berkat gagasan pemindahan ibu kota. Pasalnya, Jokowi dinilai telah berhasil mewujudkan cita-cita dua Presiden RI sebelumnya untuk memindahkan ibu kota.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru