Instagram Uji Coba Sejumlah Opsi Untuk Sembunyikan Jumlah Likes
Unsplash/Solen Feyissa
Tekno

Kepala Instagram Adam Mosseri mengungkapkan bahwa tahun lalu pihaknya sudah mencoba menyembunyikan hitungan likes untuk sejumlah pengguna. Kini, mereka memberikan opsi yang lebih banyak.

WowKeren - Instagram dikabarkan tengah melakukan uji coba dengan memberikan opsi "sembunyikan likes" kepada sejumlah penggunanya. Dalam uji coba global ini, "sebagian kecil" pengguna Instagram bisa mematikan hitungan likes di unggahannya sendiri dan juga unggahan orang lain.

Dengan demikian, popularitas suatu unggahan tidak akan langsung terlihat kala pengguna membuka feed Instagram. Opsi menyembunyikan hitungan likes ini dinilai menjadi langkah kecil dalam mengatasi sifat adiktif media sosial dan tekanan untuk mengunggah gambar yang sempurna yang dapat mengumpulkan likes dengan cepat.

"Tahun lalu kami mulai menyembunyikan hitungan likes untuk sekelompok kecil orang untuk melihat apakah itu bisa mengurangi tekanan saat mengunggah ke Instagram," cuit Kepala Instagram Adam Mosseri, Rabu (14/4). "Beberapa menganggap ini berguna dan beberapa masih ingin melihat jumlah likes, khususnya untuk melacak apa yang sedang populer."

Oleh sebab itu, pihak Instagram menguji opsi baru yang memungkinkan pengguna untuk memilih apa yang terbaik untuk mereka. Yakni opsi untuk tidak melihat hitungan likes di unggahan sendiri, di unggahan orang lain, atau tetap melihat jumlah likes seperti biasa.


"Kami sedang menguji ini di Instagram dan kami juga sedang menjajaki pengalaman serupa untuk Facebook," papar Mosseri. "Informasi lebih banyak terkait ini akan segera dibagikan."

Nantinya, unggahan Instagram yang hitungan likes-nya disembunyikan hanya akan menampilkan keterangan "Adam dan yang lainnya menyukai ini". Bukannya jumlah likes yang telah dikumpulkan.

Sementara itu, asisten profesor pemasaran di Ball State University, Rebecca VanMeter, menjelaskan bahwa orang-orang menghabiskan banyak waktu untuk mengedit dan mengedit ulang, mengubah tag, mengubah teks, dan menghapus postingan sepenuhnya untuk mencoba mendapatkan interaksi (engagement) terbaik di media sosial. Oleh sebab itu, menyembunyikan jumlah likes dinilai dapat membantu perasaan FOMO (Fear of Missing Out/takut ketinggalan) yang mungkin dirasakan pengguna kala melihat suatu unggahan populer.

"Likes memicu interaksi orang-orang," tutut VanMeter dilansir The Washington Post. "Semakin banyak likes, semakin besar kemungkinan orang untuk berinteraksi karena mereka melihatnya populer bagi orang lain dan mereka tidak ingin ketinggalan."

(wk/Bert)

You can share this post!

Related Posts