Nias Diguncang Hingga 9 Kali After Shock Usai Gempa Bumi 6,7 M
Twitter/infoBMKG
Nasional
Bencana Gempa 2021

BMKG mencatat adanya 9 gempa bumi susulan pasca Nias Barat, Sumatera Utara diguncang gempa 6,7 M. Kepala BMKG Dwikorita Karnawati pun mengungkap pesan ini untuk masyarakat.

WowKeren - Gempa bumi beruntun terjadi di Indonesia pada Jumat (14/5) hari ini. Salah satu yang diguncang begitu keras adalah Nias Barat, Sumatera Utara di mana gempa buminya mencapai magnitudo 6,7.

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati menjelaskan, sampai pukul 16.00 WIB tadi, tercatat sudah ada 9 kali gempa bumi susulan (after shock) yang terjadi. "Dengan rentang magnitudo 3,3 hingga 5,3," ujar Dwikorita dalam konferensi pers virtual.

Dwikorita memperkirakan gempa bumi susulan masih akan terus terjadi. Karena itulah Dwikorita mengimbau supaya masyarakat sekitar waspada dengan potensi terjadinya after shock.

Dwikorita juga mengimbau masyarakat memeriksa kondisi rumah masing-masing. Apabila terlihat ada retakan bangunan, Dwikorita menyarankan mereka untuk tak tinggal di tempat tersebut karena khawatir tidak mampu menahan getaran gempa susulan.

"Kami imbau pula agar segera periksa," kata Dwikorita. "Dan pastikan bangunan tempat Anda tinggal cukup kuat atau tahan terhadap gempa."


Sedangkan perihal kerusakan atau korban yang ditimbulkan dari bencana alam ini, diungkap Dwikorita belum ada informasi. Ia hanya mengungkap ada beberapa warga yang sempat mengungsi meski kini berangsur sudah kembali ke rumah masing-masing.

"Laporan dari BPBD Mentawai bahwa masyarakat sempat mengungsi ke tempat lebih aman, dan sebagian masyarakat sudah kembali ke rumah masing-masing, tapi masih ada yang masih bertahan. Sejauh ini belum ada info dampak gempa," pungkasnya.

Lini masa BMKG pun terus memberi informasi terbaru jika terjadi gempa bumi. Terkait dengan gempa bumi Nias Barat, yang terakhir diunggah adalah gempa bumi bermagnitudo 5,3 yang dilaporkan terjadi pada pukul 16.16 WIB.

"#Gempa Mag:5.3, 14-Mei-21 16:16:30 WIB, Lok:0.01 LU,96.43 BT (156 km BaratDaya NIASBARAT-SUMUT), Kedlmn:10 Km, tdk berpotensi tsunami #BMKG," tutur BMKG di Twitter-nya.

Sebelumnya BMKG mengabarkan adanya gempa bumi bermagnitudo 7,2 M yang kemudian dimutakhirkan menjadi 6,7 M. Gempa bumi susulan 5,2 M pun dilaporkan terjadi sekitar 40 menit setelahnya. Sedangkan di Sulawesi Utara juga terjadi gempa bumi pada Jumat sore dengan magnitudo 5,1 M.

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts