9 Penumpang Yang Hilang Karena Perahu Terbalik Di Waduk Kedung Ombo Dinyatakan Meninggal
Nasional

Tim SAR akhirnya menemukan sisa korban yang sebelumnya dinyatakan hilang. Ditemukannya korban tersebut menambah jumlah korban meninggal dalam peristiwa perahu wisata terbalik.

WowKeren - Pada Sabtu (15/5), sebuah peristiwa nahas menimpa perahu fiber di Waduk Kedung Ombo, Kecamatan Kemusuk, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Kapal yang berisikan wisatawan tersebut terbalik dan sembilan orang dinyatakan hilang pada saat itu.

Di hari yang sama, tim SAR berhasil menemukan enam dari sembilan korban perahu terbalik itu. Akan tetapi saat ditemukan keenam korban tersebut sudah tidak bernyawa.

Kepala Basarnas Semarang Nur Yahya menyatakan dua korban terakhir telah ditemukan pada Minggu (16/5) dan Senin (17/5). Pada Senin (17/5) Tim SAR gabungan berhasil menemukan korban bernama Niken sekitar pukul 05.00 WIB.

"Korban terakhir atas nama Niken Safitri umur 8 tahun berhasil ditemukan oleh tim SAR gabungan pada pukul 05.00 WIB," terang Yahya, Senin (17/5). "Tak jauh dari LKP, sekitar 15 meteran."

Yahya menjelaskan pihaknya menemukan korban mengapung di sekitar warung apung. Pada saat itu tim SAR yang sedang standby di warung apung melihat ada benda yang mengapung, setelah diamati dan dihampiri, ternyata itu merupakan korban. Lantas tim SAR langsung mengevakuasi korban dan membawanya ke RS Waras Wiris Boyolali.


Sementara untuk korban lainnya bernama Jalal yang ditemukan pada Minggu (16/5), tak jauh dari lokasi perahu tenggelam. Korban ditemukan pada malam hari sekitar pukul 21.00 WIB.

"Jadi sekitar pukul 21.00 WIB tim yang sedang istirahat di sekitar lokasi waduk melihat ada yang terapung," jelas Yahya. "Setelah diterangi, ternyata itu jenazah balita yang diduga Jalal."

Setelah yakin bahwa yang mengapung adalah korban, tim SAR pun bergegas menuju lokasi menggunakan perahu karet dan segera mengevakuasi jenazah balita itu. "Korban juga dibawa ke Rumah Sakit Waras Wiris Boyolali untuk dilakukan visum," imbuhnya.

Dengan ditemukannya dua korban terakhir tersebut, maka sembilan korban yang sebelumnya dinyatakan hilang telah ditemukan meski dalam keadaan tak bernyawa. Operasi SAR kecelakaan perahu wisata Waduk Kedung Ombo pun telah resmi ditutup.

"Pagi ini (Senin, 17/5), operasi SAR resmi kami tutup dan kami ucapkan banyak terima kasih kepada seluruh pihak yang turut serta dalam operasi SAR ini," tutup Yahya.

(wk/wahy)

You can share this post!

Related Posts