Royalti Hak Cipta Jungkook BTS atas Gambar Ikoniknya Ini Dipertanyakan
Instagram/BIGHIT_MUSIC
Selebriti

Jungkook mengilustrasikan Bang Si Hyuk atau yang lebih akrab disapa Bang PD dalam siaran ketika baru debut, dan kini muncul di mana-mana. Royalti untuk hak cipta Jungkook pun dipertanyakan.

WowKeren - Jungkook BTS (Bangtan Boys) dikenal memiliki bakat menggambar yang luar biasa. Baru-baru ini hak cipta dari salah satu karyanya menjadi topik perbincangan hangat.

Jungkook mengilustrasikan Bang Si Hyuk atau yang lebih akrab disapa Bang PD dalam siaran ketika baru debut. Ilustrasi si "golden maknae" kini menjadi terkenal dan muncul di mana-mana, bahkan digunakan di acara resmi.

Gambar ilustrasi Bang PD muncul di konferensi model bisnis HYBE, dan sekarang digunakan sebagai logo toko roti di museum perusahaan yang dulu bernama Big Hit Labels itu.

Hak Cipta Jungkook BTS atas Gambar Ikoniknya Ini Jadi Perdebatan

Source: theqoo

Netizen kini bertanya-tanya apakah Jungkook berhak mendapatkan royalti hak cipta karena gambar ciptaannya digunakan secara komersil oleh HYBE. Namun karena gambar hanya dengan dua titik dan garis dan Jungkook adalah artis Big Hit, ia tidak perlu dibayar.


Perdebatan ini tentu saja hanya candaan dan tidak perlu diambil serius. Namun netizen memberikan solusi agar Jungkook tidak dirugikan masalah hak cipta ini.

"Mungkin Bang PD bisa memberikan izin seumur hidup untuk Jungkook ke toko roti dan makan sesukanya," komentar netizen. "Apa ini? Tapi jika harus memilih, aku akan memberinya hak cipta dan royalti," tambah netizen. "Tolong beri Jungkook izin seumur hidup ke toko roti," pungkas lainnya.

Sementara itu, BTS akan merilis "Butter" yang disebut-sebut lagu berbahasa Inggris pada 21 Mei mendatang dalam bentuk single digital. Video musik juga dirilis di hari yang sama.

Baru-baru ini BTS juga mengumumkan kolaborasi dengan restoran cepat saji McDonald's dengan merilis paket combo khusus. ARMY Indonesia akan bisa menikmati "BTS Meal" mulai 25 Juni 2021.

Dalam berita lain, BTS dinominasikan untuk empat penghargaan berbeda di Billboard Music Awards (BBMA) 2021, yakni Top Duo/Grup, Top Social Artist, serta Top Song Sales Artist dan Top Selling Song untuk "Dynamite".

(wk/chus)

You can share this post!

Related Posts