Sejumlah Ormas Islam Di DKI Jakarta Turun Ke Jalan Sebagai Aksi Bela Palestina
pexels.com/Febry Arya/Ilustrasi
Nasional

Aksi bela dan dukungan terhadap Palestina dari masyarakat Indonesia masih terus bergulir hingga saat ini. Sejumlah ormas Islam terlihat turun ke jalan guna memberikan dukungan kepada Palestina.

WowKeren - Saat ini, Palestina tengah diserang oleh Israel secara terus-menerus. Sudah banyak korban berjatuhan di Palestina, baik orang dewasa, wanita, hingga anak-anak. Israel melemparkan serangan tanpa pandang bulu.

Melihat keadaan Palestina yang semakin memprihatinkan, masyarakat Indonesia menunjukkan rasa simpatinya dengan berbagai cara. Salah satu bentuk dukungan terhadap Palestina adalah dengan turun ke jalan seperti yang dilakukan oleh sejumlah ormas Islam di Jakarta.

Pada Kamis (20/5), aksi demonstrasi tersebut dilakukan dan berpusat di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat. "(Massa) dari Aliansi Umat Muslim Indonesia, 75 orang," ujar Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Hengki Haryadi saat dimintai keterangan oleh Detiknews.com, Kamis (20/5).

Hengki mengatakan aksi bela Palestina tersebut berjalan lancar, damai dan tidak menimbulkan kemacetan lalu lintas di daerah itu. Lalu lintas berjalan normal, seperti hari-hari biasanya.


Hengki menjelaskan, dalam aksi tersebut, massa membawa sejumlah spanduk yang mengandung dukungan untuk Palestina. Salah satu spanduk yang dibawa massa bertuliskan "Palestina Bumi yang Diberkahi, Bebaskan Al Aqsa".

Senada, Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengungkapkan dalam aksi bela Palestina tersebut, banyak kelompok ormas Islam yang bergabung. Akan tetapi, Sambodo belum merinci jumlah massa yang mengikuti demonstrasi di wilayah Patung Kuda, Jakarta.

Sambodo menyebut bahwa pihaknya telah memprediksi akan ada aksi demo yang dilakukan sejumlah ormas Islam pada Kamis (20/5) hari ini. "Tidak dadakan, sudah diprediksi," jelas Sambodo.

Sementara itu, Pemprov DKI Jakarta juga menunjukan rasa simpatinya atas apa yang menimpa Palestina dengan menyalakan lampu di sejumlah jalan protokol bernuansakan bendera negara tersebut. Kepala Dinas Bina Marga Hari Nugroho menyampaikan bahwa pemasangan lampu tersebut merupakan mandat langsung dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Saya diinstruksikan Pak Gubernur untuk men-setting warna bendera Palestina sebagai pesan solidaritas pada bangsa Palestina," ujar Hari kepada wartawan, Selasa (18/5) malam. "Dan sebagai awareness bagi kita publik luas tentang permasalahan yang sedang melanda bangsa Palestina."

(wk/wahy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait