Intip Cantiknya Gerhana Bulan Total Super Blood Moon yang Bisa Dilihat di Hampir Semua Wilayah RI
Twitter/infoBMKG
SerbaSerbi

Gerhana bulan total 'Super Blood Moon' bisa disaksikan di hampir semua wilayah Indonesia pada Rabu (26/5) hari ini yang juga bertepatan dengan Hari Waisak.

WowKeren - Fenomena angkasa yang langka dan menakjubkan, gerhana bulan total "super blood moon" diketahui bisa disaksikan di hampir seluruh wilayah Indonesia pada Rabu (26/5). Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) sebelumnya telah memperkirakan gerhana bulan yang konon terjadi setiap 195 tahun sekali ini mencapai puncaknya sekitar pukul 18.18 WIB.

Masyarakat pun bisa menyaksikan langsung fenomena ini di lingkungan sekitar, selama langit cerah dan tidak tertutup awan mendung. Namun bagi yang tidak berkesempatan menyaksikan langsung, bisa menontonnya melalui layanan live streaming di YouTube BMKG maupun Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN).

Masih tertinggal menyaksikannya? Jangan khawatir, WowKeren sudah mengompilasikan beberapa potret dari fenomena angkasa nan menakjubkan ini dari berbagai sumber. Berikut beberapa potret cantiknya super blood moon yang terjadi tepat saat Hari Waisak.

Intip Cantiknya Gerhana Bulan Total Super Blood Moon yang Bisa Dilihat di Hampir Semua Wilayah RI-1

YouTube/infobmkg-Twitter/infoBMKG

Daerah Manado, Sulawesi Utara memang menjadi salah satu yang bisa mengamati super blood moon dengan luar biasa jelas. Bahkan beberapa puncak fenomena ini, yang menunjukkan warna bulan yang begitu merah, dapat teramati dengan baik di Manado.


Intip Cantiknya Gerhana Bulan Total Super Blood Moon yang Bisa Dilihat di Hampir Semua Wilayah RI-2

Twitter/infoBMKG

Kendati demikian, rupanya tidak semua beruntung bisa menyaksikan gerhana bulan total ini. Mengutip beberapa cuitan warganet di kata kunci "Super Blood Moon" yang menjadi trending topic Indonesia pada Rabu malam, sejumlah warganet mengaku tak bisa menyaksikannya dengan jelas.

Intip Cantiknya Gerhana Bulan Total Super Blood Moon yang Bisa Dilihat di Hampir Semua Wilayah RI-3

Twitter/infoHumasBMKG

"Bagi fotonya min, tempatku ketutupan pohon rimbun..," cuit @Na***ua. "Dijambi ngga keliatan," imbuh @im***in. "Di padang super blood moon nya gak keliatan," keluh @y***n_.

"Di Bdg ketutupan awan, Min. Anginnya kenceng bgt lagi :(," tulis @ri***ut. "Di Bogor ngk terlalu kelihatan :(," sambung @co***e7.

Di sisi lain, BMKG juga mengingatkan fenomena alam lain yang mengiringi super blood moon nan cantik hari ini. Salah satunya adalah pasang air laut tinggi yang bisa menyebabkan banjir rob di beberapa wilayah pesisir Indonesia, salah satunya Surabaya, Jawa Timur.

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts