Ridwan Kamil 'Kode' Ingin Maju Jadi Capres 2024, Gandeng Anies Baswedan atau Ganjar Pranowo?
Nasional

Gubernur Jabar itu tak menampik takdir jika memang berkesempatan menjadi Capres RI 2024. Lantas dengan siapa kira-kira ia ingin dipasangkan, Anies Baswedan atau Ganjar Pranowo?

WowKeren - Tahun 2024 masih jauh, namun siapa sosok yang kira-kira akan memperebutkan kursi RI 1 sudah ramai dibahas sejak sekarang. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, serta Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menjadi segelintir nama yang kerap disebut siap maju di Pemilihan Presiden 2024.

Baru-baru ini Ridwan Kamil pun mengungkap tanggapannya terkait wacana maju di Pilpres 2024. Tanpa malu-malu Ridwan mengaku tak menampik takdir jika memang berkesempatan menjadi Calon Presiden RI.

"Saya juga tidak bisa menghindari, nama-nama kami, kepala daerah ini kan dikutip dalam survei-survei," tutur Ridwan yang hadir sebagai narasumber dalam tayangan "Indonesia Rakyat Club" di YouTube Transvision Official, Rabu (2/6). Ridwan bahkan mengaku sudah mencari informasi lebih lanjut untuk bisa mencalonkan diri sebagai presiden 3 tahun mendatang.

"Syarat menjadi pemimpin nasional itu kan ada tiga. Satu, punya elektoral. Dua, ada modal. Tiga, ada partai yang mengusung," jelas Ridwan. Namun Ridwan rupanya mengaku baru "mengunci" syarat pertama lantaran dirinya belum memiliki partai pengusung hingga modal yang cukup untuk mencalonkan diri sebagai RI 1.

"Jadi yang saya punya hanya elektoral, Mas. Saya melihat korelasi elektoral saya itu berbanding lurus dengan kinerja," tuturnya.


"Jadi artinya karena modal saya hanya itu (baik di elektoral), maka saya fokus bekerja dengan baik, menyelesaikan tugas, visi-misi. Sehingga kalau rakyat menyukainya dan memberikan poin elektoral, itu Alhamdulillah," imbuh Ridwan.

Pada kesempatan itu, Ridwan pun turut mengungkap ia ingin dipasangkan dengan siapa, apakah Anies atau Ganjar. Secara diplomatis, Ridwan menyebut bahwa pemasangan Capres-Cawapres selalu berkembang sesuai keberjalanan waktu ke depan.

Meski demikian, Ridwan mengaku memiliki kedekatan tersendiri dengan Anies maupun Ganjar. "Jadi nanti dengan siapapun, kalau memang ada takdirnya, saya jalani," tegas Ridwan.

"Kami sangat bersahabat, kami sering tampil di forum gubernur," sambung Ridwan. Dengan Anies, Ridwan memiliki kedekatan lantaran mereka sama-sama sebagai pengurus forum gubernur se-Indonesia, di mana Anies menjadi ketua dan Ridwan wakilnya. Sedangkan saat ini Ridwan juga menjadi Ketua Umum Daerah Penghasil Migas, sedangkan Ganjar menjabat sebagai Dewan Penasihat.

"Jadi banyak irisan-irisan kebersamaan. Jadi kalau ditanya, dua-duanya insya Allah cocok. Usianya satu generasi, datang dari kepala daerah yang sama, inilah momentum takdir," pungkas Ridwan.

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts