Analis Politik Nilai Kans Ganjar Pranowo Jadi RI 1 Lebih Besar Dibanding Puan Maharani
Instagram
Nasional

Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago, meyakini bahwa PDIP pada akhirnya akan mengusung kandidat Capres yang berpeluang besar untuk menang.

WowKeren - Sejumlah tokoh mulai diperbincangkan masuk dalam bursa Calon Presiden (Capres) 2024. Beberapa antaranya adalah Ketua DPR RI Puan Maharani dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Analis politik sekaligus Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago, menilai bahwa elektabilitas Puan kini masih jauh dibanding Ganjar. Keduanya kini ramai dibandingkan karena sama- sama bernaung di bawah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

"Untuk RI 1 siapa apakah Ganjar atau Puan, kalau saya lihat kansnya Ganjar ya kalau saya lihat," tutur Pangi kepada Merdeka.com, Minggu (6/6).

Lebih lanjut, Pangi meyakini bahwa PDIP pada akhirnya akan mengusung kandidat Capres yang berpeluang besar untuk menang. Apabila PDIP tetap "ngotot" mengusung Puan, Pangi menilai masih banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan.


Meski Pilpres masih akan digelar pada tahun 2024 mendatang, elektabilitas seseorang tidak mudah untuk ditingkatkan. Menurut Pangi, tantangan sesungguhnya adalah meyakinkan masyarakat untuk memilih Puan sebagai Capres.

"Karena orang menjatuhkan pilihan politik itu tidak gampang. Mulai dari mainkan isunya, wacananya, populisnya, sentimennya. Itu sekali lagi tidak gampang tidak seindah yang kita bayangkan. Nah pada konsep ini yang menjadi tantangan mengatasi problem elektabilitas pada Puan," paparnya. "Bagaimana mengatasi masalah itu. Mungkin pada tahap kesukaan tidak terlalu rumit, tapi begitu soal elektabilitas itu butuh perjuangan berat."

Sejauh ini, Puan sendiri dinilai Pangi masih belum dapat memainkan perannya secara maksimal. Baik sebagai Ketua DPR RI atau pun kala masih menjabat sebagai Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK).

"Ya beliau punya panggung, tapi panggung itu tidak maksimal beliau gunakan untuk panggung menaikan elektabilitas. Ya mungkin orang kenal mungkin oke," jelasnya. "Tapi orang suka atau untuk memilih itu berdasarkan hasil survei yang terukur itu belum kelihatan angkanya masih belum ketemu."

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru