Pendaftaran Seleksi Dibuka Hari Ini, Formasi Guru PPPK Bisa Telat Muncul
Instagram/cpnsindonesia.id
Nasional
Seleksi CPNS dan PPPK 2021

Meski pendaftaran seleksi CPNS dan PPPK dibuka secara bersamaan, BKN memperingatkan ada kemungkinan beberapa formasi guru PPPK tak muncul di situs SSCASN pada masa awal pendaftaran.

WowKeren - Pendaftaran seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2021 telah resmi dibuka secara serentak mulai Rabu (30/6) hari ini hingga 21 Juli mendatang. Para calon peserta dapat mendaftarkan diri melalui situs https://sscasn.bkn.go.id.

Meski pendaftaran seleksi CPNS dan PPPK dibuka secara bersamaan, Badan Kepegawaian Negara (BKN) memperingatkan ada kemungkinan beberapa formasi guru PPPK tak muncul di situs SSCASN pada masa awal pendaftaran. Hal ini disebabkan oleh sejumlah instansi yang memang belum melakukan verifikasi final atas formasi yang mereka ajukan ke pemerintah pusat.

"Kemungkinan (formasi) yang kelihatan di pengumuman akan terlambat, karena masing-masing instansi belum klik final," ungkap Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN Suharmen dalam konferensi pers pada Selasa (29/6). "Baru 89 instansi yang sudah klik final formasinya."


Suharmen menjelaskan bahwa instansi yang belum melakukan verifikasi pengajuan formasi belum akan muncul di sistem SSCASN kala daftar formasi dibuka. Namun calon peserta diminta tak khawatir lantaran pihak BKN masih terus berkomunikasi dengan masing-masing instansi untuk segera menyelesaikan verifikasi tersebut.

Sementara itu, Deputi Bidang Mutasi Kepegawaian BKN Aris Windiyanto memastikan bahwa tidak ada formasi guru PNS dalam seleksi tahun ini. "Tidak ada formasi untuk guru selain PPPK. Jadi siapkan saja sebaik-baiknya, karena suratnya (mengenai detail seleksi PPPK guru) akan keluar dalam waktu ke depan," terang Aris.

Sebagai informasi, total kebutuhan Aparatur Sipil Negara (ASN) tahun ini mencapai 1.275.387 formasi. Ini terdiri atas 83.669 formasi untuk pemerintah pusat, dan 1.191.718 formasi untuk daerah.

Dalam satu pekan terakhir, portal sscasn.bkn.go.id. telah ramai dikunjungi oleh para calon peserta seleksi CPNS dan PPPK, termasuk honorer. Selain guru honorer yang sudah jelas mengetahui formasi pada portal tersebut, ada juga honorer non guru pun turut aktif dalam memantau dan menjelajahi portal itu.

(wk/Bert)

You can share this post!

Related Posts