Rektor UI Ternyata Rangkap Jabatan sebagai Wakil Komut BRI, Anggota DPRI RI Desak Ambil Sikap
ui.ac.id
Nasional

Pengungkapan bahwa Rektor UI merangkap jabatan sebagai Wakil Komut BRI mendapat perhatian dari publik. Anggota Komisi VI DPR RI mendesak agar Rektor bisa memilih jabatan antara Rektor UI dan Wakil Komut BRI.

WowKeren - Belakangan ini, Ari Kuncoro selaku Rektor Universitas Indonesia (UI) menjadi sorotan publik. Hal ini dikarenakan pihaknya memanggil pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UI usai menyampaikan kritikan terhadap Presiden Joko Widodo.

Selain itu, yang paling menjadi sorotan publik adalah terkait dengan terungkapnya bahwa Ari juga memiliki jabatan sebagai Wakil Komisaris Utama (Komut) di Bank Rakyat Indonesia (BRI). Publik pun menjadi mengkaitkan pemanggilan BEM UI itu dengan jabatannya di perusahaan BUMN tersebut.

Menanggapi hal tersebut, anggota Komisi VI DPR RI Andre Rosiade mendesak Ari untuk segera mengambil sikap tegas. Andre meminta Ari untuk memilih menjadi Rektor UI atau Wakil Komut BRI.

Hal ini dikarenakan rangkap jabatan itu melanggar Peraturan Pemerintah (PP) tentang Statuta Universitas Indonesia Nomor 68 Tahun 2013. "Kita minta saudara Rektor UI segera bersikap, memilih jabatan rektor atau Wakil Komut," terang Andre saat dihubungi Tribunnews.com, Rabu (30/6).


Andre menambahkan, apabila Ari ingin menjabat sebagai Rektor UI, maka ia harus melepas jabatannya sebagai Wakil Komut BRI, begitu juga sebaliknya. Dengan begitu, Andre meminta Ari untuk secepatnya mengambil sikap.

Lebih lanjut, Andre akan membicarakan hal tersebut dengan Menteri BUMN Erick Thohir. "Yang jelas kami akan merekomendasikan ke Pak Menteri itu, silakan yang bersangkutan segera memilih," lanjutnya.

Terkait dengan pengungkapan jabatan Ari sebagai Wakil Komut BRI ini disampaikan oleh mantan aktivis Indonesia Corruption Watch (ICW) Donal Fariz melalui cuitannya di Twitter pribadinya, @donalfariz. "Rektor UI, Prof Ari Kuncoro itu Wakil Komisaris Utama BRI," tulis Fariz dalam Twitter, Minggu (27/6).

Selain itu, Fariz juga mengungkapkan bahwa Ari sebelumnya menjabat sebagai Komisaris di Bank Negara Indonesia (BNI). "Sebelumnya Komut BNI," tambahnya.

Ari diketahui tak lagi menjabat sebagai Komisaris BNI dikarenakan diangkat menjadi Wakil Komut di BRI. Pengangkatan Ari sebagai Wakil Komut BRI ini dilakukan melalui Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) BRI pada 18 Februari 2020.

(wk/tiar)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru