Vaksinasi COVID-19 Anak Dimulai di SMAN 20 Jakarta, Siswa Curhat Kangen Sekolah
Unsplash/Mufid Majnun
Nasional
Vaksin COVID-19

100 anak yang disuntik pada hari ini menerima vaksin COVID-19 Sinovac. Para siswa SMAN 20 Jakarta Pusat pun mengungkapkan antusiasme mereka dalam menerima vaksin COVID-19 hari ini.

WowKeren - Program vaksinasi COVID-19 untuk anak usia 12-17 tahun di DKI Jakarta telah dimulai pada Kamis (1/7). Vaksinasi perdana di Ibu Kota digelar di SMAN 20 Jakarta Pusat kepada 100 orang yang telah didata melalui Dinas Kesehatan DKI, Dinas Komunikasi dan Informatika DKI, dan Dinas Pendidikan DKI.

"Ada 100 anak yang sudah kita screening dan sudah kita berikan information concern terkait persetujuan orangtuanya untuk bisa dilakukan menerima vaksin COVID-19 hari ini," terang Kepala Dinkes DKI, Widyastuti, Kamis.

Vaksinasi hari ini dilakukan dalam empat kloter. Anak yang akan menerima vaksin COVID-19 harus dipastikan dalam kondisi sehat, tak memiliki penyakit bawaan, dan berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu apabila memiliki kondisi autoimun.

Adapun 100 anak yang disuntik pada hari ini menerima vaksin COVID-19 Sinovac yang telah mendapat izin penggunaan dari BPOM. Para siswa SMAN 20 Jakarta Pusat pun mengungkapkan antusiasme mereka dalam menerima vaksin COVID-19 hari ini.

Salah satu siswa bernama Ahmad Faris mengaku sudah merindukan sekolah tatap muka bersama teman-teman. "Saya malah ngebet banget biar divaksin. Udah pengin tatap muka, ketemu sama teman-teman," ujar Faris.


Setelah menjalani observasi selama 30 menit pasca-vaksinasi, Faris mengaku tidak memiliki keluhan yang berarti. "Enggak sakit, santai lah. Fine-fine aja," kata Faris.

Hal senada juga disampaikan oleh siswa bernama Nadia. Ia mengaku bersemangat menerima vaksinasi COVID-19 dan mendapat dukungan penuh dari orangtua.

"Udah kangen sekolah," ungkap Nadia. "Dua tahun enggak sekolah juga kangen sama teman- teman."

Setelah menjalani observasi 30 menit pasca-vaksinasi, Nadia mengaku hanya merasa sedikit lapar. Ia pun mengajak teman- teman sebayanya untuk segera divaksin.

Di sisi lain, Kementerian Kesehatan telah menargetkan agar 7,5 juta dosis vaksin COVID-19 terdistribusi di DKI Jakarta untuk masyarakat umum per Agustus 2021 mendatang demi mencapai kekebalan berkelompok alias herd immunity. Nantinya, pemberian vaksin COVID-19 untuk anak akan diatur melalui sekolah-sekolah.

(wk/Bert)

You can share this post!

Related Posts