Sutradara Ungkap Besaran Biaya Produksi Video Musik K-Pop, Jumlahnya Fantastis!
YouTube/AYO 에이요
Musik

Baru-baru ini dua sutradara K-Pop mengungkap fakta mengejutkan di balik pembuatan video musik lagu-lagu K-Pop, termasuk tentang besaran biaya produksinya.

WowKeren - Sutradara kamera Kim Ji Hwan dan sutradara seni Song Nara yang sebelumnya bekerja dengan Super Junior, EXO hingga IZ*ONE muncul di video baru channel YouTube AYO yang dirilis pada Jumat (2/7). Dalam kesempatan itu mereka membahas banyak hal menarik, termasuk rahasia mengejutkan di balik pembuatan music video (MV) lagu-lagu K-Pop.

Pembahasan itu berawal ketika seorang pemirsa bertanya tentang besaran biaya produksi MV K-Pop. Pemirsa itu ingin mengkonfirmasi apakah benar satu video musik berharga sekitar 100 juta won (sekitar Rp1,2 miliar).

Menanggapi pertanyaan tersebut, Kim Ji Hwan menjelaskan bahwa itu semua tergantung pada artis dan perusahaannya. Song Nara menambahkan bahwa jumlahnya bisa lebih besar untuk beberapa agensi.

Song Nara berkata, "Sutradara MV yang biasanya merekam idol dari agensi besar menghabiskan lebih dari 100 juta won. Saat ini, grup idol memiliki banyak anggota. Kami harus membuat set untuk setiap anggota, dan beberapa anggota memiliki adegan terpisah."

Kim Ji Hwan menjelaskan bahwa anggaran tersebut juga digunakan untuk pengadaan properti syuting untuk memastikan video musik terlihat estetis. Hal itu juga harus dikombinasikan dengan sumber daya lain agar proses produksinya berjalan lancar.


"Kalian membutuhkan kamera yang sangat bagus untuk video musik idol, truk kostum, truk makanan dan pispot jika adegannya dilakukan di antah berantah. Seperti ini, uang akan habis," ungkap Kim Ji Hwan.

Kendati demikian, sutradara menekankan bahwa uang bukanlah segalanya. Sebab ada beberapa kasus di mana video musik K-Pop spektakuler dibuat dengan anggaran terbatas.

Selain membahas biaya produksi MV, sutradara Kim Ji Hwan juga membahas pengambilan gambar adegan di bawah air yang berbahaya. Menurutnya, tim produksi selalu memastikan bahwa mereka memenuhi persyaratan keselamatan, termasuk asisten yang mengawasi situasi.

Sutradara Kim Ji Hwan memaparkan, "Ada studio yang mengkhususkan diri dalam pemotretan bawah air. Kami sangat memperhatikannya untuk menghindari sengatan listrik."

Kami mencoba untuk bekerja selaras dengan para idol, sehingga kami dapat menyelesaikannya dalam satu pemotretan. Karena ini adalah jenis pemotretan yang rumit, bekerja dalam harmoni adalah suatu keharusan," pungkas sutradara Kim Ji Hwan.

(wk/eval)

You can share this post!

Related Posts