Meninggal Karena COVID-19, Rachmawati Soekarnoputri Sempat Ziarah ke Makam Bung Karno
Instagram/rahayusaraswati
Nasional

Rachmawati mengembuskan napas terakhirnya pada usia 70 tahun. Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra ini dilaporkan meninggal dunia karena terpapar COVID-19.

WowKeren - Berita duka kembali menyelimuti Tanah Air. Pada Sabtu (3/7), Rachmawati Soekarnoputri yang merupakan adik Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dikabarkan meninggal dunia di RSPAD Gatot Soebroto.

Informasi meninggalnya Rachmawati disampaikan oleh Wakil Ketua Umum DPP Gerindra Sufmi Dasco Ahmad lewat Twitternya. "Berita duka, Innalilahi wa innaillaihi rojiun, Pada 3 Juli 2021, sekira Pk. 06.45 WIB, Telah wafat Ibu Rachmawati Soekarnoputri di RSPAD," tulis Dasco.

Rachmawati mengembuskan napas terakhirnya pada usia 70 tahun. Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra ini dilaporkan meninggal dunia karena terpapar COVID-19. "Meninggal dunia karena COVID-19," tutur Dasco.

Sebelum meninggal karena COVID-19, Rachmawati Soekarnoputri ke makam sang ayah, Soekarno di kota Blitar pada Kamis (17/6) lalu. Ia berziarah diiringi upacara kemiliteran yang dipimpin oleh Kaposahli Pangdam V/Brawijaya Brigjen TNI Bagus Budianto.


Rachmawati tiba di kompleks Makam Bung Karno sekitar pukul 15.15 WIB dalam kondisi duduk di kursi roda. Ia juga sempat mengunjungi Perpustakaan Nasional Bung Karno yang terletak satu kompleks dengan Makam Bung Karno.

"Kebetulan, ini berkaitan dengan HUT POM AD (hari ulang tahun polisi militer TNI-AD) tanggal 22 nanti jadi sekalian berziarah bareng ke sini," tutur Rachmawati saat berziarah.

Rachmawati juga mengatakan bahwa tidak akan bisa menghadiri acara Haul Bung Karno di Kota Blitar pada 21 Juni kemarin karena masih dalam situasi pandemi COVID-19. "Saya sejak tahun 1970-an setiap tahun, setiap Haul, saya selalu ke sini. Tapi ini masih pandemi begini," imbuh Rachmawati.

Sementara itu sepanjang hidupnya, Rachmawati pernah dipercaya oleh Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono menjadi anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) pada 2007-2009. Ia juga baru saja dikukuhkan sebagai Ketua Dewan Pembina Tim Mutiara Hitam oleh Persipura Jayapura pada Juni 2021 lalu.

(wk/amal)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terbaru