Begini Komentar Para Kritikus Musik Soal Kemiripan Lagu dan MV Tae Yeon 'Weekend' dengan Doja Cat
Musik

Yang juga menjadi sorotan adalah bahwa MV 'Weekend' juga tampaknya sangat dipengaruhi oleh musik dan gaya visual Doja Cat. Bahkan, beberapa kritikus musik Korea juga mengomentari masalah ini.

WowKeren - Beberapa waktu setelah perilisan single baru Tae Yeon Girls' Generation, "Weekend", beberapa netizen menuding bahwa lagu tersebut memiliki kesamaan dengan lagu hit penyanyi Amerika Doja Cat "Say So" dan "Kiss Me More". Kini para krikitus musik ikut memberikan tanggapan.

Yang juga menjadi sorotan adalah bahwa video musik "Weekend" juga tampaknya sangat dipengaruhi oleh musik dan gaya visual Doja Cat. Bahkan, beberapa kritikus musik Korea juga mengomentari masalah ini.

Kritikus musik Kim Do Heon berkata, "Ada dua persona berbeda dalam lagu ini, yang berbicara tentang waktu istirahat yang nyaman dari kesibukan sehari-hari. Persona pertama adalah Doja Cat. Segalanya tentang 'Weekend', dari nada gitar yang halus, hingga beat disko yang kaku, dan nada vokal psychedelic, menunjukkan niatnya untuk menyerupai 'Say So' dan 'Kiss Me More' milik Doja Cat. Desain font '1990's Pop Star' dan tone merah muda dari MV bertujuan untuk suatu tempat di antara dua lagu ini. Ketika Tae Yeon beralih dari chorus pertama ke rap sendiri, bentuk panutannya menjadi lebih jelas."


Begini Komentar Para Kritikus Musik Soal Kemiripan Lagu dan MV Tae Yeon \'Weekend\' dengan Doja Cat

Source: Allkpop

Kritikus musik Jung Min Jae berkata, "Hmm...bagiku, sepertinya lagu tersebut mencoba merujuk pada Doja Cat dengan berbagai cara, jadi saya tidak menyukainya." Kritikus musik Lee Dae Hwa berkata, "Single baru Tae Yeon 'Weekend' seperti lagu yang memadukan 'Kiss Me More' dan 'Say So' Doja Cat. Lagu ini menggabungkan gaya disko retro lurus 'Say So' dengan artwork MV pink/ungu dari 'Kiss Me More'. Gaya menyanyi yang sensual dan suram juga sangat mirip dengan Doja Cat."

Selain itu, beberapa media juga mengangkat pandangan kritis terhadap "kegagalan K-Pop untuk tetap orisinal". Salah satu media menyatakan, "Banyak netizen online saat ini sedang dalam perdebatan sengit tentang lagu baru Tae Yeon 'Weekend'. Mereka mengklaim bahwa itu sangat mirip dengan kombinasi 'Say So' dan 'Kiss Me More' dari Doja Cat. Tidak hanya dalam gaya bernyanyi atau gaya musik, tapi bahkan di MV, sampul album, dan lain-lain."

Mereka melanjutkan, "Salah satu orang dalam industri berkomentar, 'Sulit untuk mengkategorikan lagu ini sebagai murni 'plagiarisme' atau 'tidak'. Ada kalanya lagu mengambil pengaruh dari gaya musik lain, karya seni, dll, tetapi dalam kasus ini, ada terlalu banyak kesamaan sehingga kontroversi mengenai topik tidak akan mengejutkan."

(wk/dewi)

You can share this post!

Related Posts