Menkes Sampaikan Pelaksanaan Vaksinasi COVID-19 Dosis Ketiga Bagi Nakes Siap Digelar Pekan Ini
pexels.com/ Gustavo Fring
Nasional

Menkes Budi menyampaikan bahwa pelaksanaan vaksinasi COVID-19 dosis ketiga untuk para nakes di Indonesia siap digelar pada pekan ini. Hal ini dilakukan dengan harapan bisa melindungi para nakes dari paparan COVID-19.

WowKeren - Pelaksanaan vaksinasi dosis ketiga pada tenaga kesehatan (nakes) akan segera dimulai pada pekan ini. Sebelumnya, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin telah menuturkan bahwa memang akan ada pemberian vaksin ketiga COVID-19 bagi nakes.

"Kita sudah keluarkan policy, rencananya mulai minggu ini kita akan berikan suntikan ketiga booster," tutur Budi dalam rapat kerja bersama Komisi IX DPR RI, Selasa (13/7). "Tapi ini hanya untuk para nakes."

Lebih lanjut, Budi menegaskan bahwa suntikan vaksin dosis ketiga hanya diperuntukkan bagi nakes. Hal ini dikarenakan masyarakat banyak yang belum mendapatkan suntikan vaksin COVID-19 dosis pertama. Selain itu, nakes juga merupakan garda terdepan dalam menangani pasien COVID-19.

Budi menjelaskan vaksinasi dosis ketiga ini akan menggunakan vaksin Moderna. Dalam vaksinasi ketiga terhadap nakes itu diharapkan bisa memproteksi mereka dari paparan virus Corona (COVID-19).


Kemudian, Budi menerangkan pertimbangan pelaksanaan vaksinasi ketiga pada nakes itu juga karena pihaknya mendapati banyak dari mereka yang terpapar COVID-19, sehingga tidak bisa dikerahkan untuk menangani pasien. Hal ini tentunya merugikan pihak rumah sakit, dan negara, sebab akan membuat memperlambat tingkat kesembuhan.

Budi memaparkan kebutuhan perawat di tengah krisis COVID-19 seperti saat ini adalah mencapai 16 hingga 20 ribu orang di tujuh provinsi. Adapun provinsi tersebut yakni Bali, Banten, DI Yogyakarta, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Menurut Budi, kebutuhan nakes tersebut bisa terpenuhi dengan mempekerjakan 19 ribu perawat dan 3.900 dokter yang belum lulus uji kompetensi. Hal ini sudah dikomunikasikannya dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Di sisi lain, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) sebelumnya, juga meminta pemerintah agar segera memberikan suntikan dosis ketiga vaksin COVID-19 bagi nakes. Hal ini dikarenakan masih banyak nakes yang gugur karena COVID-19 meskipun sudah divaksin dua kali.

Seperti yang diketahui, belakangan ini Indonesia mengalami lonjakan kasus COVID-19 secara signifikan. Lonjakan ini terjadi juga dikarenakan adanya varian mutasi Delta yang menyebar di sejumlah wilayah. Kapasitas rumah sakit pun menjadi meningkat pesat dan menipis.

(wk/tiar)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait