Birthday Spotlight: Happy Taemin Day
SM Entertainment
Selebriti
Birthday Spotlight

Taemin merayakan ulang tahunnya yang ke-28 (29 tahun menurut perhitungan Korea) pada Minggu, 18 Juli. Simak perjalanan karir pelantun 'Don't Call Me' tersebut lewat Birthday Spotlight pekan ini.

WowKeren - Rubrik Birthday Spotlight kembali hadir untuk mengulas salah satu member dari SHINee, Taemin yang berulang tahun pada 18 Desember besok. Tim WowKeren akan membahas secara mendalam tentang perjalanan karir penyanyi populer dan berbakat ini.

Lee Taemin atau yang kini berkarir dengan nama panggung Taemin adalah penyanyi sekaligus main dancer dari boy grup SHINee. Dia memulai debutnya pada usia 14 tahun sebagai member SHINee pada Mei 2008, dan kesuksesan serta dampak artistiknya telah membuatnya disebut "Idol's Idol".

Pada 2019, Taemin menjadi salah satu member supergrup SM Entertainment, SuperM. Selain itu, Taemin juga aktif sebagai artis solo. Bagaimanakah perjalanan karir sosok yang satu ini? Yuk intip ulasan yang telah tim WowKeren rangkum berikut!

(wk/dewi)

1. Pra-Debut


Pra-Debut

Taemin lahir pada 18 Juli 1993. Dengan bakat menyanyi dan menari yang dimilikinya, pada tahun 2008 ia terpilih untuk debut sebagai member SHINee pada usia 14 tahun. Sebelum debut, Taemin telah menjalani training selama beberapa tahun.

Taemin merupakan salah satu yang diterima untuk menjadi trainee agensi tersebut melalui SM Open Weekend Audition Casting atau Saturday Open Audition 2005 yang dikenal sangat sulit ditembus. Hanya ada delapan idol SM Entertainment yang diterima melalui audisi ini.

2. Debut


Debut
SM Entertainment

SHINee resmi debut pada 25 Mei 2008 dalam program SBS "Inkigayo". Grup ini memulai debutnya dengan lagu pertama mereka, "Replay". SHINee mendapat perhatian untuk memulai tren mode di kalangan pelajar, yang oleh media dijuluki "Tren SHINee".

Selain pekerjaannya sebagai penyanyi, Taemin membuat debut aktingnya pada tahun 2009 dalam komedi MBC "Tae Hee, Hye Kyo, Ji Hyun" sebagai Junsu. Pada 19 September 2012, Taemin merilis OST pertamanya, "U", untuk drama "To The Beautiful You".

3. Puncak Karier


Puncak Karier
SM Entertainment

Kesuksesan Taemin bersama SHINee sudah terlihat saat awal kariernya. Pada awal Februari 2009, SHINee memenangkan penghargaan "Pendatang Baru Terbaik" bersama dengan Davichi dan Mighty Mouth di Seoul Music Awards ke-18. Pada 19 Juli 2010, grup ini merilis album studio kedua mereka, "Lucifer" yang menduduki puncak tangga lagu penjualan fisik dan digital di Korea Selatan.

Lagu-lagu di album "dipilih dengan lebih cermat dari sebelumnya", dan album tersebut dikatakan "(memberi) pendengar kesempatan besar untuk mengalami karakter musik yang beragam dan keterampilan vokal yang lebih matang dari para member". Grup ini membuat comeback mereka pada 23 Juli 2010 di KBS "Music Bank". Untuk koreografinya yang luar biasa, "Lucifer" dinominasikan untuk "Best Dance Performance Award" di Mnet Asian Music Awards. Lucifer menjadi album terlaris ke-6 tahun 2010 di Korea Selatan, terjual lebih dari 120.000 unit.

4. Aktivitas Solo


Aktivitas Solo
SM Entertainment

Pada 16 Oktober 2012 diumumkan bahwa Taemin bersama Eunhyuk Super Junior, Henry Super Junior-M, Hyoyeon Girls' Generation, serta Kai EXO dan Luhan berpartisipasi sebagai tim dance beranggotakan enam orang untuk lagu tema Veloster, "Maxstep" , album kolaborasi antara SM Entertainment dan Hyundai. Sebuah video teaser dari lagu tersebut ditampilkan di PYL Younique Show pada 17 Oktober 2012.

Pada April 2013, SM Entertainment mengungkapkan bahwa Taemin akan mengambil bagian dalam reality show "We Got Married" dengan Na Eun A Pink sebagai pasangannya. Pada tahun yang sama, Taemin tampil di drama "Dating Agency: Cyrano" sebagai penyanyi idola Ray/Yang Ho-yeol. Pada Desember 2013, ia berpartisipasi dalam soundtrack serial "Prime Minister & I", "Footsteps".

Pada 18 Agustus 2014, Taemin membuat debut solonya dengan merilis mini album debutnya, "Ace". Mini album ini memuncaki Gaon Album Chart sementara single utamanya, "Danger" mencapai nomor lima di Chart Digital Gaon. Taemin merilis full album pertamanya, "Press It" pada 23 Februari 2016 dan Bruno Mars berpartisipasi dalam produksi lagu tersebut.

Pada Juli 2017, Taemin mengadakan konser solo pertamanya di Jepang di Nippon Budokan di Tokyo dan merilis lagu Jepang baru, "Flame of Love", menjelang konser, yang menarik 28.000 penggemar. Taemin mengadakan konser Korea pertamanya, "Off-Sick", pada akhir Agustus selama tiga hari dengan total 12.000 penonton.

Album studio kedua Taemin, "Move", dirilis pada Oktober 2017 dan melahirkan single hit "Move". Album ini debut di nomor dua di Gaon Album Chart dan nomor tiga di Billboard World Albums Chart. Pada Agustus 2019, Taemin debut sebagai member SuperM, "supergrup K-pop" yang dibentuk oleh SM Entertainment bekerja sama dengan Capitol Records. Promosi grup dimulai pada bulan Oktober dan ditujukan untuk pasar Amerika. Mini album debut SuperM dirilis pada 4 Oktober 2019 dengan single utama "Jopping".

5. Kontroversi


Kontroversi

Pada 2013, tiga member SHINee yaitu Jonghyun, Minho, dan Taemin tampil di acara radio "Choi Hwa Jung's Power Time" sebagai tamu spesial. Selama wawancara, para member ditanya apakah mereka memiliki tipe wanita ideal yang mereka sukai atau apakah ada tindakan tertentu yang memikat hati mereka.

Taemin mengatakan, "Aku percaya pada stereotip bahwa wanita harus feminin/girly. Tapi aku masih menyukai gadis yang aku rasa memiliki rasa tanggung jawab dan pemikiran yang mendalam setelah berbicara dengan mereka bahkan meskipun mereka perempuan."

Pernyataan Taemin ini menjadi topik pembicaraan bertahun-tahun kemudian ketika pada 31 Januari 2021, seorang mempublikasikan postingan berjudul "Kontroversi Misogini Taemin". Netizen yang mengunggah postingan tersebut membagikan cuplikan ucapan Taemin dan berkomentar, "Apakah semua orang seperti ini sejak dulu? Setiap kata-katanya membuatku marah."

Postingan ini ditanggapi oleh netizen lainnya. Beberapa berkomentar kalau Taemin bukan satu-satunya yang berpikir demikian, ada pula yang menganggap cara pikir seperti ini muncul karena Taemin debut di usia muda. Sedangkan sebagian lainnya mengkritik Taemin.

6. Rencana Masa Depan


Rencana Masa Depan

Pada 19 April 2021, Taemin mengumumkan selama siaran V Live-nya bahwa ia akan mendaftar untuk wajib militer pada 31 Mei 2021. Sebelum pendaftarannya, Taemin merilis mini album Korea ketiganya, "Advice", pada 18 Mei 2021. Album ini menampilkan lima lagu, termasuk singla utama dengan judul yang sama.

Setelah merampungkan wajib militer nanti, Taemin diyakini akan kembali aktif baik sebagai member SHINee dan SuperM maupun penyanyi solo. Penggemar pun menantikan comeback-nya serta karya yang akan dihadirkan member termuda SHINee itu.

You can share this post!

Related Posts