Sertifikat Vaksinasi COVID-19 Diusulkan Jadi Syarat Pengunjung Masuk Mal
Unsplash/Mat Napo
Nasional
Vaksin COVID-19

Usulan ini disampaikan oleh Ketua Umum Kadin Indonesia, Arsjad Rasjid. Selain pengunjung, seluruh pekerja di dalam mal juga diharapkan telah menerima vaksinasi COVID-19.

WowKeren - Program vaksinasi COVID-19 terus digencarkan di Indonesia untuk mencapai kekebalan berkelompok alias herd immunity. Sertifikat vaksinasi COVID-19 pun diusulkan menjadi syarat bagi pengunjung untuk bisa masuk ke pusat perbelanjaan atau mal sehingga operasional tetap dapat berjalan.

Usulan ini disampaikan oleh Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Arsjad Rasjid. Selain pengunjung, seluruh pekerja di dalam mal juga diharapkan telah menerima vaksinasi COVID-19.

"Harapannya ritel-ritel itu, kalau mal-mal, harapannya kalau bisa sudah dilakukan vaksinasi pekerja di dalam mal itu semua, dan kalau yang hadir itu bisa memberikan (bukti) bahwa sudah divaksinasi, harapannya tetap dibuka supaya ritelnya pun tetap berjalan," ujar Arsjad dalam konferensi pers.

Lebih lanjut, Arsjad mengungkapkan bahwa Kadin mendukung penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) untuk menekan laju penularan COVID-19. Namun, Kadin juga mengusulkan agar sektor manufaktur yang bergerak di industri esensial, critical, dan berorientasi ekspor boleh beroperasi 100 persen di masa PPKM asal pekerjanya sudah divaksinasi dan tetap menerapkan protokol kesehatan.


"Harapannya karena roda ekonomi harus berjalan. Sedangkan untuk industri atau manufacturing yang non-esensial, kami mengharapkan itu 50 persen. Namun kedua-duanya kita bicara untuk direct workers," paparnya. "Sedangkan untuk yang indirect atau pun sebagai penunjang, kita mengatakan tidak apa-apa work from home."

Selain itu, Kadin juga berharap agar Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) diberi insentif selama masa penerapan PPKM. Pelonggaran aturan untuk pedagang kaki lima (PKL) juga disambut baik oleh Kadin.

"Dengan demikian, harapannya adalah roda ekonomi sama sekali tidak mati," pungkasnya.

Sebagai informasi, pemerintah telah resmi memperpanjang masa PPKM Level 4 hingga 2 Agustus 2021 mendatang. Sertifikat vaksinasi COVID-19 sudah menjadi syarat wajib bagi pengunjung dan pedagang di pasar milik Perumda Pasar Jaya selama masa perpanjangan PPKM Level 4 ini.

"Pedagang & Pengunjung wajib menunjukan bukti vaksin (kartu/sertifikat/sms) untuk memasuki pasar," demikian keterangan Perumda Pasar Jaya di akun media sosial resminya. Operasional seluruh pasar milik Perumda Pasar Jaya juga dibatasi hingga pukul 15.00 WIB.

(wk/Bert)

You can share this post!

Related Posts