2 Tahun Hijrah, Uki Eks NOAH Anggap Musik Haram dan Sumber Maksiat Picu Reaksi Kecewa?
Instagram/uki_kautsar
Musik

Uki Kautsar alias Uki sempat mengungkap motivasinya untuk hijrah hingga menyarankan industri musik yang menjadi sumber maksiat sebaiknya ditutup. Pernyataan Uki ini langsung memicu reaksi tak terduga dari banyak pihak.

WowKeren - Sosok Uki Kautsar alias Uki saat ini sudah konsisten untuk hijrah. Ia mendalami agama Islam dan memilih hengkang dari band yang membesarkan namanya, NOAH, pada 2019.

Uki sempat curhat soal kegelisahannya untuk hijrah sejak 2014. Namun ia baru memberanikan diri pasca manggung terakhir kali bareng NOAH di malam Tahun Baru. Kala itu, musisi yang berguru pada Ustaz Syafiq Riza Basalamah ini syok melihat pemandangan yang terlihat di perayaan pergantian tahun itu.

"Pokoknya pemandangan manggung terakhir itu pemandangan Tahun Baru aja. Dan disitu uda kayak wah kacau," kata Uki. "Terus liat, wah ini ngaco nih. Jadi melihat hasil perbuatan kita semalem di panggung. Ini yang pada mabok pada di lantai semua. Yang perempuan juga wah.. Ga karuan lah itu. Itukan susah dipertanggungjawabkan nanti."

Uki yang merasa bertanggung jawab tak ingin menjadi sosok musisi yang malah mendorong orang berbuat maksiat. "Karena bagi saya, saya ga bisa membanggakan Ya Allah saya dulu menciptakan banyak fans, banyak lagu. Di hadapan Allah pada akhirnya itu ga bisa meningkatkan derajat saya. Jadi untuk dari segi musiknya, karena ketika musik itu ga kalian lakukan maka otomatis kalian menutup pintu khamr, pintu rokok juga, bercampur dengan wanita," seru Uki.

Ia bahkan sempat menyarankan agar industri musik ditutup. "Jadi dengan menutup pintu musik dan industri musik kalian menutup banyak hal yang sifatnya mudarat yang mungkin kalian tidak menyadari ya. Mungkin hanya ngedengerin musik aja. Kalo sejuta orang berpikiran seperti itu otomatis sponsor akan masuk, orang penjual khamr juga akan masuk," katanya.


Ia juga mengingatkan para musisi untuk tidak ikut menjadi pintu maksiat. "Jadi saya mengingatkan diri saya sendiri, buat kalian juga, buat para musisi juga, jangan mau menjadi pintu maksiat untuk orang lain memasuki maksiat itu. Jadi tutup setutup erat-eratnya jangan mau kita jadi pintu maksiat," serunya.

Sebagian memuji niat baik Uki mengingatkan musisi. Sayangnya beberapa netter mengisyaratkan kekecewaan pada Uki. Tak cuma menyerbu akun Instagramnya yang membahas dalil keharaman musik, netter juga membicarakan Uki via akun gosip.

Instagram

Uki Eks Noah Ditegur Netter

"Alhmdulillah kalo memang sudah hijrah.. Tp alangkah lebih baik tidak usah menjelek jelekkan bgtu. Bagaimanapun dlu cari makanmu dr musik. Teman2 smua msih di musik. Jalanilah hijrahmu, ckup kasih contoh. Jangan brsembunyi di balik kata 'sekedar mengingatkan' 🙌," kata netter. "Setuju ... takutnya malah dia yg lebih fanatik dibandingkan yg mendalami agama lebih dl, smg bijak yaa," ujar yang lainnya.

Disisi lain, fans setia tetap membela Uki yang berniat berbagi ilmu usai hijrah. "Setelah hijrah ya ilmunya kl bs dibagikan terlepas dr yg tidak menerima dan tidak suka," tutur netter. "Si Uki tidak bermaksud begitu loh Mba. Musik yg Haram dalam islam itu adalah "Suara dari Sendok dan Garpumu yang sedang Makan, sedangkan tetangga kamu sedang kelaparan (H.R.Bukhori)," ujar netter.

(wk/riaw)

You can share this post!

Related Posts