Terus Puncaki Billboard Hot 100, Analis Musik Pastikan BTS dan ARMY Tak Main Curang
Musik

Analis tangga lagu dan jurnalis musik menyatakan bahwa BTS mendapatkan tempat pertama mereka di tangga lagu Billboard Hot 100 secara adil, tanpa main curang.

WowKeren - BTS (Bangtan Boys) dan ARMY (fandom) dituduh memanipulasi tangga lagu Billboard terkait prestasi gemilang mereka selama berminggu-minggu. Namun analis tangga lagu dan jurnalis musik menyatakan grup K-Pop itu mendapatkan tempat pertama mereka di tangga lagu Billboard Hot 100 secara adil, tanpa main curang.

Bagi banyak orang, kesuksesan BTS di tangga lagu Billboard menunjukkan bahwa Hot 100 sekarang benar-benar mendunia. Maria Sherman, jurnalis musik dan penulis "Larger Than Life: a History of Boy Bands From NKOTB To BTS", menunjukkan bahwa dominasi BTS di tangga lagu Hot 100 adalah bukti kebesaran grup dan menunjukkan bahwa lagu-lagu mereka sukses besar di Amerika Serikat, meskipun mereka berasal dari Korea Selatan.

"Bagi banyak orang, tangga lagu Billboard masih menjadi barometer utama untuk pencapaian dan tidak ada cara yang lebih bereputasi untuk menunjukkan kesuksesan seorang artis atau lagu terbesar di AS pada saat tertentu," kata Maria Sherman belum lama ini pada Korea Times.

Analis musik yang bekerja untuk Black Dog & Levanthal Publishers itu melanjutkan, "Selain itu, kesuksesan BTS telah mengubah cara berpikir penggemar musik pop tentang tangga lagu. Dulu, artis non-bahasa Inggris tidak akan pernah bisa menduduki puncak, tapi sekarang grup Korea telah mengambil alih. Hot 100 akhirnya benar-benar mendunia."


Meskipun para ahli berpendapat bahwa BTS berhak mendapatkan posisi pertama mereka di Billboard Hot 100, beberapa orang percaya bahwa BTS dan ARMY memanipulasi tangga lagu melalui streaming dan pembelian massal.

Chris Molanphy, seorang analis tangga lagu dan kritikus pop, mengatakan ARMY bermain adil selama mereka tidak secara artifisial meningkatkan streaming atau total penjualan dengan replay robot atau pembelian palsu.

Maria Sherman mendukung pernyataan Chris Molanphy dan menunjukkan bahwa artis Barat dan penggemar mereka telah menggunakan praktik yang sama untuk meningkatkan peringkat mereka di tangga lagu.

"Ini adalah sesuatu yang dilakukan artis Barat lainnya seperti Justin Bieber dan Ariana Grande untuk waktu yang lama. Mereka telah menggunakan penjualan bundel untuk menopang posisi mereka di tangga lagu. Di masa lalu, penggemar fanatik akan meminta lagu favorit mereka di radio untuk meningkatkan jumlah pemutaran. Tapi tidak ada yang ilegal atau tidak etis dilakukan di sini," kata Maria Sherman.

Sementara itu, lagu BTS "Butter" sekali lagi telah melanjutkan kekuasaannya atas chart Billboard's Hot 100. Untuk yang kesembilan kalinya, lagu tersebut menduduki posisi pertama dan mematahkan rekor yang sebelumnya dipegang oleh Olivia Rodrigo.

(wk/chus)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru