Beda Penjelasan Pengacara Ryan Jombang dan Habib Bahar Soal Perkelahian di Lapas Gunung Sindur
Nasional

Sebagai informasi, Habib Bahar divonis 3 tahun dalam kasus penganiayaan terhadap dua orang remaja. Sedangkan Ryan Jombang divonis hukuman mati atas kasus pembunuhan berantai dan mutilasi.

WowKeren - Perkelahian antara Habib Bahar bin Smith dengan Very Idham Henyansyah alias Ryan "Jagal" Jombang dilaporkan terjadi di Lapas Gunung Sindur. Bahar dan Ryan disebut-sebut berselisih terkait masalah uang.

Sebagai informasi, Bahar divonis 3 tahun dalam kasus penganiayaan terhadap dua orang remaja. Sedangkan Ryan Jombang divonis hukuman mati atas kasus pembunuhan berantai dan mutilasi, meski hingga kini masih belum kunjung dieksekusi.

Pengacara Bahar dan pengacara Ryan Jombang rupanya memberikan penjelasan yang berbeda terkait penyebab perkelahian tersebut. Kasman Sangaji selaku pengacara Ryan Jombang mengaku kliennya dipukuli oleh Bahar hingga mengalami luka-luka akibat utang.

Menurut Kasman, kliennya memiliki uang senilai Rp 10 juta dari hasil kiriman orangtua dan keluarganya di Jombang. Uang tersebut merupakan hasil tabungan Ryan usai ia dipenjara di berbagai lapas sejak tahun 2009 silam. Bahar disebutnya sering meminjam uang ke Ryan, namun utang tersebut tidak selalu dibayar.

"Kalau permasalahan awalnya itu sebenarnya masalah sepele. Jadi Habib Bahar ini beberapa bulan lalu sering meminjam uang ke Ryan, pinjam kadang diganti dan kadang tidak, cuma ketika Ryan meminta (menagih) tidak dikasih," ungkap Kasman kepada awak media pada Rabu (18/8).


Pada suatu saat, Ryan melihat ada uang di dalam plastik di meja dalam kamar sel Bahar. Karena kesal tidak diberi uang kala menagih utang, Ryan akhirnya mengambil uang berbungkus plastik tersebut dan dibuangnya ke tempat sampah. Bahar yang marah dan emosi pun langsung memukuli Ryan.

"Habis itu dia marah, awalnya gitu. Sudah dia marah, Ryan diam saja karena memang bersalah dia sudah meminta maaf terus dia tidak mau berhari-hari itu Ryan pada saat hari Minggu itulah puncaknya," papar Kasman.

Sementara itu, Ichwan Tuankotta selaku pengacara Habib Bahar membantah seluruh pernyataan Kasman. "Ya enggak mungkin lah. Habib Bahar itu orang kaya, ngapain kekurangan duit," kata Ichwan.

Berdasarkan informasi yang diperolehnya sementara, Ryan justru memanfaatkan uang Bahar di dalam lapas. Ia menyatakan bahwa tidak benar kliennya memiliki utang kepada Ryan.

"Adanya juga Ryan yang bikin masalah. Awal yang ane dapat informasi dari orang-orang lapas," tutur Icwhan. "Itu keterangan yang tidak mungkin dan tidak rasional. Saya sudah minta klarifikasi petugas di sana karena ada petugas juga yang pakai handphone menanyakan masalahnya apa. Nah, itu petugas tidak membenarkan (soal utang), justru Ryan yang memanfaatkan duit Habib Bahar."

Namun Ichwan tidak memberikan penjelasan detail mengenai Ryan yang memanfaatkan uang Bahar. Ichwan menyatakan masih meminta keterangan langsung dari Bahar di Lapas Gunung Sindur.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait